Ukraina Ingin Lebih Banyak Jet Tempur Barat, Bukan Hanya F-16

Rabu, 05 Juli 2023 - 08:10 WIB
loading...
A A A
“Kami tidak bisa menekan mitra kami, karena kami bergantung pada bantuan mereka,” papar Ignat. Sejauh ini tidak ada pendukung asing Ukraina yang berbicara tentang memasok Kiev dengan jet tempur buatan Barat selain F-16.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmitry Kuleba mengkritik para pendukung Kiev atas apa yang dia gambarkan sebagai kegagalan untuk meluncurkan program pelatihan F-16 tepat waktu.

Dia tidak menyebutkan nama negara tertentu yang telah berjanji memulai pelatihan pada bulan Juni, tetapi berpendapat janji itu sendiri telah “salah perhitungan.”

“Kami sekarang sedang bekerja dengan semua pihak yang terlibat… untuk mempercepat proses ini sebanyak mungkin,” ungkap Kuleba.

Rusia telah berulang kali memperingatkan pengiriman senjata yang semakin canggih ke Ukraina oleh AS dan sekutunya hanya akan memperpanjang konflik dan dapat menyebabkan eskalasi besar.

Pada akhir Mei, Bloomberg melaporkan F-16 tidak akan menjadi pengubah permainan karena mereka memiliki kemampuan yang lebih rendah dibandingkan dengan banyak pesawat militer modern Rusia.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)