Polisi Pembunuh Nahel Malah Disumbang Rp15,7 Miliar, Publik Prancis Makin Marah

Rabu, 05 Juli 2023 - 04:00 WIB
loading...
A A A
Eric Bothorel, dari partainya Presiden Emmanuel Macron; En Marche, menulis di Twitter: “Jean Messiha meniup bara api. Ini adalah generator kerusuhan. Panci beberapa ratus ribu euro untuk petugas polisi yang didakwa dalam pembunuhan Nahel muda tidak senonoh dan memalukan.”

Olivier Faure, ketua Partai Sosialis, meminta GoFundMe untuk menutup penggalangan dana, menuduh platform tersebut "menyiapkan segudang rasa malu".

“Anda mempertahankan patah tulang yang sudah menganga dengan berpartisipasi mendukung seorang petugas polisi yang didakwa melakukan pembunuhan yang disengaja. Tutup!" seru Faure, seperti dikutip Al Jazeera, Selasa (4/7/2023).

Beberapa orang menyebut kemunafikan dalam gerakan penggalangan dana untuk petugas polisi yang membunuh Nahel.

Mereka membandingkan dengan gerakan penggalangan dana tahun 2019 untuk mantan petinju yang memukul beberapa petugas polisi selama demonstrasi “rompi kuning” anti-pemerintah yang dengan cepat ditutup.

Politisi sayap kiri David Guiraud menulis di Twitter: “Pesan yang diasumsikan adalah bunuh orang Arab, dan Anda akan menjadi jutawan, dan pemerintah menyaksikan kengerian ini berlalu tanpa mengatakan apa-apa ketika telah menutup pot [penggalan dana] rompi kuning dalam 2 hari yang menghantam seorang polisi. Menjijikkan."

Kelompok aktivis Prancis Sleeping Giants men-tweet: “Keberadaan dana untuk petugas polisi pembunuh Nahel mengobarkan sentimen ketidakadilan dan memperparah ketegangan.”

Di tengah kerusuhan, yang sering menampilkan vandalisme dan bentrokan pengunjuk rasa dengan polisi, Prancis telah mengerahkan 45.000 petugas ke jalan setiap malam untuk memadamkan kerusuhan di berbagai kota termasuk Paris, Strasbourg, Marseille, dan Nice.

Pada hari Senin, demonstrasi dimulai di balai kota Ibu Kota Prancis menentang kerusuhan, di mana terjadi kekerasan dan penjarahan.

Disebut sebagai "mobilisasi warga untuk kembali ke tatanan republik", demonstrasi antihuru-hara terjadi setelah rumah wali kota pinggiran kota Paris ditabrak mobil yang terbakar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)