Mantan Presiden Rusia: Tak Ada Pemenang dalam Perang Nuklir

Selasa, 04 Juli 2023 - 04:30 WIB
loading...
Mantan Presiden Rusia: Tak Ada Pemenang dalam Perang Nuklir
Dmitry Medvedev, mantan presiden Rusia, mengancam perang nuklir bisa saja terjadi dan tidak ada pemenang. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Dmitry Medvedev, mantan presiden Rusia , memperingatkan bahwa konfrontasi Moskow dengan Barat akan berlangsung selama beberapa dekade dan konfliknya dengan Ukraina dapat menj adi permanen. Dia juga menegaskan perang nuklir sangat mungkin terjadi.

Medvedev, yang pernah dilihat di Barat sebagai seorang modernisasi liberal, telah muncul sebagai salah satu pendukung Presiden Vladimir Putin sejak Moskow meluncurkan "operasi militer khusus" di Ukraina tahun lalu.

Medvedev yang kini menjabat sebagai wakil kepala Dewan Keamanan Rusia mengungkapkan pemikirannya dalam sebuah artikel untuk surat kabar pemerintah Rossiiskaya Gazeta. Dia mengatakan ketegangan antara Rusia dan Barat "jauh lebih buruk" daripada selama krisis misil Kuba tahun 1962 ketika dunia di ambang ledakan nuklir.



"Perang nuklir sangat mungkin terjadi tetapi tidak mungkin ada pemenang," kata Medvedev. Dia telah berulang kali mengatakan dukungan Barat untuk Ukraina meningkatkan kemungkinan konflik nuklir.

Dia mengutip perbedaan tajam atas Ukraina, arah umat manusia, dan cara tatanan dunia disusun. "Satu hal yang tidak ingin diakui oleh semua politisi: kiamat seperti itu tidak hanya mungkin, tetapi juga sangat mungkin terjadi," tulis Medvedev.

Analis Barat menyebut apa yang mereka katakan sebagai "perang pedang nuklir" Medvedev sebagai taktik yang ditujukan untuk menakut-nakuti Barat untuk mengurangi dukungan militer bagi Ukraina dan sebagai gantinya bersandar pada Kyiv untuk memulai pembicaraan damai dengan Moskow.

Banyak negara di Barat, yang mengatakan bahwa mereka membantu Ukraina mempertahankan diri dari perang penaklukan kolonial yang brutal, telah berjanji untuk mendukung Kyiv selama diperlukan.

Amerika Serikat, pendukung keuangan dan militer terbesar Ukraina, mengatakan tidak ingin terlibat dalam konflik langsung dengan Rusia untuk menghindari risiko perang nuklir.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)