Presiden Zelensky: Separuh Warga Rusia Dukung Bos Wagner untuk Melawan Putin

Selasa, 04 Juli 2023 - 00:07 WIB
loading...
Presiden Zelensky: Separuh Warga Rusia Dukung Bos Wagner untuk Melawan Putin
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim separuh warga Rusia mendukung tentara bayaran Wagner. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim bahwa pemberontakan bersenjata Wagner menyebabkan Presiden Rusia Vladimir Putin telah kehilangan kendali atas rakyatnya sendiri. Zelensky mengatakan bahwa setengah dari Rusia mendukung bos Wagner dan pemberontakan kelompok paramiliter.

Putin menghadapi ancaman terbesar terhadap pemerintahannya dalam dua dekade sejak kepala kelompok paramiliter Wagner, Yevgeny Prigozhin, melancarkan pemberontakan singkat.

“Kami melihat reaksi Putin. Itu lemah, ”kata Zelensky kepada CNN.



“Pertama, kita melihat dia tidak mengendalikan segalanya. Wagner bergerak jauh ke Rusia dan mengambil wilayah tertentu menunjukkan betapa mudahnya melakukannya. Putin tidak mengendalikan situasi di daerah.”

"Semua kekuatan vertikal yang dulu dia miliki runtuh begitu saja."

Beberapa orang Rusia bersorak pada pejuang Wagner saat Prigozhin memimpin tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap otoritas Putin. Video itu menunjukkan kerumunan bersorak ketika kendaraan bos Wagner berangkat dari kota selatan Rostov-on-Don pada 24 Juni.

Wawancara dengan Zelensky dilakukan pada saat yang kritis – tidak hanya setelah pemberontakan Prigozhin yang gagal, tetapi juga berminggu-minggu dalam dorongan lambat Ukraina untuk merebut kembali wilayah yang diduduki oleh Rusia.

Upaya itu mendapat pengawasan ketat dari sekutu Barat dan pada hari Sabtu seorang pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa kepala Badan Intelijen Pusat AS (CIA), Bill Burns, telah mengunjungi Kyiv baru-baru ini dan bertemu dengan pejabat intelijen Zelensky dan Ukraina.

Zelensky mengatakan kepada CNN bahwa dia "terkejut" melihat pertemuannya dengan Burns dilaporkan di media. “Komunikasi saya dengan kepala CIA seharusnya dirahasiakan. Saya selalu berada di belakang layar,” katanya. “Kami membahas hal-hal penting – apa yang dibutuhkan Ukraina dan bagaimana Ukraina siap untuk bertindak.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)