Menhan Rusia: Serangan Balik Ukraina Gagal di Segala Arah

Senin, 03 Juli 2023 - 22:01 WIB
loading...
Menhan Rusia: Serangan Balik Ukraina Gagal di Segala Arah
Tentara Rusia mengikuti latihan militer. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu mengatakan pada Senin (3/7/2023) bahwa serangan balasan Ukraina yang sedang berlangsung belum mencapai tujuannya ke arah mana pun dari kampanye militer.

"Secara umum, musuh tidak mencapai tujuannya ke arah mana pun. Ini membuktikan keterampilan para pejuang kami dan jelas meningkatkan harapan dari senjata Barat yang dibanggakan," papar Shoigu kepada pejabat tinggi militer.

Dia juga mengumumkan pasukan Rusia berhasil menghancurkan sekitar 920 kendaraan lapis baja, termasuk 16 tank Leopard, di wilayah Donbass dan Zaporozhye bulan lalu.

Pada saat yang sama, Shoigu menuduh pasukan Ukraina melakukan serangan terhadap sasaran sipil untuk menutupi ketidakmampuan Kiev mencapai kesuksesan di medan perang.

"Kiev sedang mencoba mengkompensasi ketidakmampuannya untuk memastikan keberhasilan di lapangan melalui serangan teroris terhadap sasaran sipil dan dengan demikian mencapai efek propaganda," tegas menteri pertahanan Rusia.

Bulan lalu, pasukan Ukraina akhirnya melancarkan "serangan balasan" yang telah diumumkan Kiev selama berbulan-bulan.



Meskipun melakukan sejumlah besar pasukan dan perangkat keras militer untuk usaha ini, Kiev sejauh ini gagal menembus garis pertahanan pertama Rusia meskipun mengorbankan ratusan tentara Ukraina dan kehilangan sejumlah besar tank dan kendaraan lapis baja yang dipasok negara-negara NATO.

Shoigu juga membahas peristiwa yang terjadi di Rusia pada 23-25 Juni yang melibatkan pasukan tentara bayaran Wagner Group.

"Saya tidak bisa tidak menyentuh satu masalah lagi ... Kita berbicara tentang upaya pada 23-25 Juni untuk mengacaukan situasi di Rusia. Rencana ini gagal terutama karena personel angkatan bersenjata menunjukkan kesetiaan pada sumpah dan tugas militer," tegas dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)