Media Inggris: NATO Yakin Serangan Balasan Ukraina Tidak Berhasil

Jum'at, 30 Juni 2023 - 10:32 WIB
loading...
Media Inggris: NATO Yakin Serangan Balasan Ukraina Tidak Berhasil
Financial Times melaporkan NATO yakin serangan balasan Ukraina sejauh ini tidak berhasil. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Pejabat Barat secara pribadi mengakui bahwa serangan balasan Ukraina terhadap Rusia tidak berjalan dengan baik, dan sebagai akibatnya bantuan militer ke Kiev di masa depan dapat berkurang. Hal itu dilaporkan Financial Times.

“Rusia masih memiliki keunggulan massa,” kata Jenderal Christopher Cavoli, komandan tertinggi NATO di Eropa, pada sebuah pertemuan pribadi pekan lalu, klaim media berbasis di Inggris itu yang dinukil dari RT, Jumat (30/6/2023).

Dia dilaporkan menambahkan bahwa Ukraina belum mencapai keberhasilan yang signifikan dalam operasinya.

“Baik atau buruk, hasil (operasi) akan berdampak pada semua yang kami lakukan terkait Ukraina, dan kami semua menyadarinya,” kata seorang diplomat senior Eropa kepada Financial Times tanpa menyebut nama.



“Pendanaan, dukungan, keterlibatan politik… dan yang paling penting pembicaraan damai yang akan datang apakah kita suka atau tidak,” sambungnya.

Secara terbuka, para pejabat Barat telah berjanji untuk mendukung Ukraina selama "selama diperlukan" untuk mengalahkan Rusia. Namun, Moskow telah memperingatkan bahwa dengan mempersenjatai dan melatih pasukan Ukraina, Amerika Serikat (AS) dan sekutunya memperpanjang konflik dan tidak akan mengubah hasilnya.

"Pendekatan Barat sama dengan bertempur sampai ke orang Ukraina terakhir,” kata para pejabat Rusia.

Financial Times mengutip penilaian untuk menggambarkan diskusi internal di Barat. Para pemimpin Uni Eropa akan menawarkan komitmen keamanan formal ke Ukraina, dan surat kabar itu mengatakan telah memperoleh salinan draf pernyataan akhir yang sedang dipertimbangkan pada pertemuan puncak yang sedang berlangsung di Brussel.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)