Pilih Netral, Swiss Tolak Kirim 96 Tank Leopard ke Ukraina

Kamis, 29 Juni 2023 - 17:08 WIB
loading...
Pilih Netral, Swiss Tolak Kirim 96 Tank Leopard ke Ukraina
Tegaskan posisinya netral, Swiss menolak mengekspor 96 tank Leopard-nya ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia. Foto/Bundeswehr/via REUTERS
A A A
ZURICH - Swiss kembali menolak untuk mentransfer senjata ke Ukraina pada hari Rabu, kali ini menolak ekspor 96 tank Leopard 1 milik perusahaan senjata negara; RUAG.

Terlepas dari tekanan dari Kyiv dan sekutunya, Swiss sejauh ini tidak mengizinkan negara-negara lain yang memiliki persenjataan buatan Swiss untuk mengekspornya kembali ke Ukraina.

Dewan Federal Swiss mengatakan ekspor 96 tank Leopard 1 A5 “tidak mungkin berdasarkan hukum yang ada.”

“Penjualan seperti itu akan bertentangan dengan Undang-Undang Materiel Perang dan akan mengakibatkan pergeseran dari kebijakan netralitas Swiss,” kata dewan tersebut, sepert dikutip AFP, Kamis (29/6/2023).



Undang-Undang Material Perang melarang semua ekspor ulang jika negara penerima berada dalam konflik bersenjata internasional.

"Dewan Federal memprioritaskan komitmen Swiss sebagai negara netral dan keandalan penerapan aturan hukum," lanjut dewan tersebut.

Negara berpenduduk 8,8 juta orang yang terkurung daratan itu memiliki posisi netral militer yang dipersenjatai dengan baik sejak lama.

Namun tradisi ini telah diperdebatkan dengan hangat sejak invasi Rusia ke Ukraina tahun lalu.

Pada 1 Juni, majelis rendah parlemen negara itu memberikan suara menentang proposal yang secara khusus akan mengesahkan transfer senjata buatan Swiss ke Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)