AS Akan Kirim Lebih Banyak Ranpur Bradley ke Ukraina

Kamis, 29 Juni 2023 - 03:31 WIB
loading...
AS Akan Kirim Lebih Banyak Ranpur Bradley ke Ukraina
AS akan kirim lebih banyak kendaraan tempur (ranpur) Bradley ke Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengumumkan paket senjata baru untuk Ukraina pada hari Selasa, termasuk 30 kendaraan tempur infanteri Bradley. Lebih dari selusin kendaraan lapis baja itu dilaporkan rusak atau hancur sejak Kiev melancarkan serangan balasannya terhadap pasukan Rusia awal bulan ini.

Bernilai hingga USD500 juta, paket itu adalah bantuan militer tahap ke-41 yang diberikan ke Kiev sejak operasi militer Rusia dimulai Februari lalu. Selain Bradley, menurut pernyataan dari Pentagon, bantuan itu termasuk 25 Pengangkut Personil Lapis Baja Stryker, amunisi artileri 155mm, rudal anti-udara Patriot, peralatan pembersih ranjau dan penghalang seperti dikutip dari RT, Kamis (29/6/2023).

Pengumuman itu datang kurang dari sebulan setelah serangan balasan Ukraina, yang mendapat perlawanan keras dari pasukan Rusia yang mengakar. Selama serangan berulang melalui ladang ranjau dan tanpa dukungan udara, menurut angka dari Dewan Keamanan Rusia, Kiev kehilangan lebih dari 13.000 tentara, serta 246 tank dan 152 kendaraan tempur infanteri, antara 4 dan 21 Juni.



Video yang menunjukkan Bradley yang rusak dan tank Leopard 2 yang dipasok Jerman telah beredar secara online, dan pejabat Amerika mengakui kepada New York Times minggu ini bahwa 17 dari 113 Bradley yang dipasok ke Ukraina pada saat itu telah rusak atau hancur.

Tanpa keuntungan teritorial yang signifikan untuk menunjukkan kerugiannya, seorang pejabat AS anonim menyebut serangan balasan "di belakang jadwal."

Paket senjata terbaru adalah pengiriman kedua yang diumumkan dalam waktu kurang dari dua minggu. Sebuah paket yang diumumkan pada 13 Juni termasuk 15 Bradley, selain pelengkap rudal anti-udara dan peluru artileri biasa.

Dalam sebuah pernyataan, Kedutaan Besar Rusia di Washington mengklaim pasukan Rusia "membongkar mitos tentang 'kualitas tak tertandingi' senjata Amerika dan NATO" setiap hari, menunjuk ke mesin yang hancur berasap di ladang Donbass.



“Dengan pengiriman peralatan militer lebih lanjut, Washington hanya menegaskan obsesinya dengan gagasan untuk menimbulkan kekalahan strategis di Federasi Rusia,” kata kedutaan Rusia dalam pernyataan tersebut.

“Untuk melakukan ini, (itu) mendorong kliennya menuju petualangan yang semakin putus asa. Kehidupan orang Ukraina tidak berarti apa-apa bagi otoritas Amerika,” sambung pernyataan itu.

Hingga Selasa, AS telah memberikan lebih dari USD40,5 miliar bantuan militer langsung ke Ukraina sejak Februari lalu. Presiden Joe Biden telah berjanji untuk mempertahankan "dukungan tak tergoyahkan" ini untuk Kiev, meskipun ada laporan bahwa pejabat Amerika menuntut serangan balasan yang berhasil untuk membenarkan pasokan senjata yang berkelanjutan ke Kiev.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)