Putin Bersih-bersih Wagner, Anak Buah Prigozhin di Suriah Dilaporkan Ditangkap

Kamis, 29 Juni 2023 - 15:17 WIB
loading...
Putin Bersih-bersih Wagner, Anak Buah Prigozhin di Suriah Dilaporkan Ditangkap
Polisi militer Rusia dilaporkan tangkapi para komandan tentara bayaran Wagner Group ketika kelompok ini melakukan pemberontakan di Rusia. Foto/REUTERS
A A A
DAMASKUS - Sejumlah komandan tentara bayaran Wagner Group pimpinan Yevgeny Prigozhin dilaporkan telah diangkap dan ditahan di Suriah ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mulai "bersih-bersih" kelompok tersebut atas upaya pemberontakannya.

Surat kabar Rusia, Kommersant, mengutip media Arab Saudi; Al-Hadat, melaporkan kepala unit Wagner Group ditangkap oleh polisi militer Rusia di kota As-Suwayda, Suriah barat daya. Tiga komandan Wagner Group berpangkat tinggi juga dilaporkan ditahan di Pangkalan Udara Khmeimim.

Menurut laporan Kommersant,Kamis (29/6/2023), polisi militer mendatangi markas besar Wagner di kota-kota Suriah; Deir ez-Zur, Hama, dan Damaskus.



Surat kabar itu juga melaporkan bahwa sebuah pesan muncul di saluran Telegram milik Dmitry Utkin, salah satu pendiri Wagner, yang membantah bahwa para komandan Wagner telah ditangkap di Suriah.

Situs web New Arab secara terpisah melaporkan pada hari Selasa lalu bahwa polisi militer Rusia, bersama dengan intelijen rezim Suriah, melakukan kampanye penangkapan terhadap para pemimpin, personel, dan pejabat perekrutan yang bekerja untuk Wagner Group di Suriah.

Wael Alwan, seorang peneliti di Bridges for Studies Center, mengatakan bahwa sekitar pukul 22.00 malam waktu setempat pada Sabtu—ketika upaya pemberontakan Prigozhin dimulai—polisi militer Rusia dan kelompok keamanan militer yang berafiliasi dengan rezim Suriah menangkap seorang perwakilan, dan tiga perwira—satu kolonel dan dua berpangkat letnan kolonel—Wagner Group di Pangkalan Udara Khmeimim.

Pada Sabtu pagi, para pemimpin, delegasi, dan perekrut Wagner ditangkap di Deir ez-Zur di Suriah timur, di Ibu Kota Suriah; Damaskus, dan di Al-Suqaylabiyah, sebuah kota Suriah yang didominasi Kristen Ortodoks Yunani.

Sore harinya, perwakilan perekrutan Wagner di wilayah As-Suwayda, di selatan negara itu, ditangkap.

Mereka semua, kata Alwan, dipindahkan ke Pangkalan Udara Khmeimim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)