Biden Sebut Putin Paria, Kalah Perang di Ukraina

Kamis, 29 Juni 2023 - 00:30 WIB
loading...
Biden Sebut Putin Paria, Kalah Perang di Ukraina
Presiden AS Joe Biden sebut Presiden Rusia Vladimir Putin seorang paria dan kalah perang di Ukraina. Foto/Euronews
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden , mengatakan bahwa mitranya dari Rusia Vladimir Putin "benar-benar" telah dilemahkan oleh pemberontakan singkat selama akhir pekan.

Itu adalah komentarnya yang paling konkrit hingga saat ini tentang bagaimana pemberontakan oleh bos Grup Wagner Yevgeny Prigozhin memengaruhi status pemimpin Rusia itu.

Biden dan timnya berhati-hati dalam mengomentari peristiwa tersebut, berhati-hati dalam memberikan dalih kepada Putin untuk mengklaim sebagai plot Barat untuk menggulingkannya. Tetapi pada hari Rabu, Biden memperluas pandangannya tentang penurunan status Putin.

Ditanya apakah presiden Rusia telah melemah, Biden berkata: "Tentu saja," seperti dikutip dari CNN, Kamis (29/6/2023).

Namun, saat diminta untuk memperluas sejauh mana kelemahan Putin, Biden mengatakan sulit untuk memastikannya.



"Sulit untuk mengatakan tetapi dia jelas kalah perang," kata Biden kepada wartawan di Halaman Selatan Gedung Putih, yang secara keliru merujuk pada perang di Irak, bukan di Ukraina.

“Dia kalah perang di rumah. Dia menjadi sedikit paria di seluruh dunia. Dan bukan hanya NATO, bukan hanya Uni Eropa, ini Jepang,” tambahnya.

Ditanya lagi apakah Putin lebih lemah hari ini daripada minggu lalu, Biden berkata: "Saya tahu dia."

Awal pekan ini, Biden berusaha menjauhkan Amerika Serikat dari pemberontakan akhir pekan di Rusia, bersikeras dalam pernyataan publik pertamanya bahwa Barat tidak ada hubungannya dengan pemberontakan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)