Remaja Ditembak Mati Polisi, Macron: Tidak Dapat Dimaafkan

Rabu, 28 Juni 2023 - 23:34 WIB
loading...
Remaja Ditembak Mati Polisi, Macron: Tidak Dapat Dimaafkan
Presiden Prancis Emmanuel Macron mengecam penembakan fatal terhadap remaja berusia 17 tahun, menyebutnya tidak dapat dimaafkan. Foto/Ilustrasi
A A A
PARIS - Presiden Prancis Emmanuel Macron mengecam penembakan terhadap seorang remaja oleh polisi. Ia menyebutnya tidak dapat dimaafkan dan tidak ada yang membenarkan kematian seorang remaja.

Komentar Macron muncul setelah protes atas pembunuhan itu mencengkeram wilayah Paris semalam.

Seorang petugas polisi sedang diselidiki atas pembunuhan karena menembak seorang remaja, yang berasal dari Afrika Utara. Jaksa mengatakan korban gagal mematuhi perintah untuk menghentikan mobilnya pada Senin pagi.

Kementerian Dalam Negeri Prancis menyerukan semua pihak untuk tenang setelah setidaknya 31 orang ditangkap dalam bentrokan semalam, terutama di pinggiran Paris, Nanterre, tempat korban tinggal, dengan pemuda membakar mobil dan menembakkan kembang api ke arah polisi, yang menyemprot orang dengan gas air mata.

"Kami memiliki seorang remaja yang terbunuh, itu tidak dapat dijelaskan dan dimaafkan," kata Macron kepada wartawan di Marseille.

"Tidak ada yang membenarkan kematian seorang pemuda," tegasnya, sebelum meminta pengadilan untuk melakukan tugasnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (28/6/2023).

Kelompok HAM menuduh rasisme sistemik di dalam lembaga penegak hukum di Prancis, tuduhan yang sebelumnya dibantah oleh Macron.



Sebuah video yang dibagikan di media sosial, diverifikasi oleh Reuters, menunjukkan dua petugas polisi di samping mobil, sebuah Mercedes AMG, dengan satu orang menembak pengemudi saat mobil itu menjauh. Dia kemudian meninggal karena luka-lukanya, kata jaksa setempat.

"Anda memiliki video yang sangat jelas: seorang petugas polisi membunuh seorang pemuda berusia 17 tahun. Kami dapat melihat bahwa penembakan itu tidak sesuai aturan," kata Yassine Bouzrou, pengacara keluarga tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)