10 Negara Pemilik Cadangan Emas Terbesar di Dunia, Nomor 3 untuk Penjaga Keamanan Moneter Terbaik

Selasa, 27 Juni 2023 - 16:15 WIB
loading...
10 Negara Pemilik Cadangan Emas Terbesar di Dunia, Nomor 3 untuk Penjaga Keamanan Moneter Terbaik
Cadangan emas suatu negara menjadi penjaga keamanan moneter jika terjadi krisis. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Cadangan emas di bank sentral menjadi ukuran suatu negara bisa dikatakan berstatus ekonomi maju atau berkembang. Itu juga menyangkut kestabilan ekonomi suatu negara.

Bank sentral telah menjadi pembeli bersih emas selama 11 tahun berturut-turut. Menurut data Dewan Emas Dunia (WGC), bank sentral di seluruh dunia membeli 272,9 ton emas batangan pada 2020.

Melansir Nasdaq, pembelian 2021 sekitar 60% lebih rendah dari rekor 668 ton yang ditambahkan pada 2019. Pandemi COVID-19 menjadi pendorong yang lebih kuat bagi beberapa bank sentral untuk menjual cadangan dan menyuntikkan likuiditas ke ekonomi mereka.

10 bank sentral teratas dengan cadangan emas terbesar sebagian besar tetap tidak berubah selama beberapa tahun terakhir.

10. Belanda

10 Negara Pemilik Cadangan Emas Terbesar di Dunia, Nomor 3 untuk Penjaga Keamanan Moneter Terbaik

Foto/Reuters

Ton: 612,5

Persen cadangan devisa: 67,4%

Bank Sentral Belanda mengumumkan akan memindahkan brankas emasnya dari Amsterdam ke Camp New Amsterdam, sekitar satu jam di luar kota, dengan alasan langkah-langkah keamanan.

Seperti yang telah ditunjukkan oleh banyak orang lain, ini tampak aneh, mengingat bank baru-baru ini memulangkan sejumlah besar emasnya dari AS.


9. India

10 Negara Pemilik Cadangan Emas Terbesar di Dunia, Nomor 3 untuk Penjaga Keamanan Moneter Terbaik

Foto/Reuters

Ton: 687,8

Persen cadangan devisa: 6,5%

Tidak mengherankan jika Bank of India memiliki salah satu toko emas terbesar di dunia. Negara Asia Selatan, rumah bagi 1,25 miliar orang, adalah konsumen logam mulia terbesar kedua, dan merupakan salah satu pendorong permintaan global yang paling dapat diandalkan.

Festival dan musim pernikahan India, yang berlangsung dari Oktober hingga Desember, secara historis merupakan keuntungan besar bagi Perdagangan Cinta emas.

8. Jepang

Ton: 765,2

Persen cadangan devisa: 3,1%

Jepang, ekonomi terbesar ketiga di dunia, juga merupakan penimbun logam kuning terbesar kedelapan.

Bank sentralnya telah menjadi salah satu praktisi pelonggaran kuantitatif yang paling agresif—pada Januari 2016, menurunkan suku bunga di bawah nol—yang telah membantu mendorong permintaan emas di seluruh dunia.

7. Swiss

Ton: 1.040,0

Persen cadangan devisa: 5,4%

Di urutan ketujuh adalah Swiss, yang sebenarnya memiliki cadangan emas per kapita terbesar di dunia.

Selama Perang Dunia II, negara netral menjadi pusat perdagangan emas di Eropa, melakukan transaksi dengan kekuatan Sekutu. Saat ini, sebagian besar perdagangan emasnya dilakukan dengan Hong Kong dan China.


6. China

Ton: 1.948,3

Persen cadangan devisa: 3,3%

Pada musim panas 2015, People's Bank of China mulai membagikan aktivitas pembelian emasnya secara bulanan untuk pertama kalinya sejak 2009. Meskipun China berada di urutan keenam untuk sebagian besar emas yang dimiliki, logam kuning hanya menyumbang sebagian kecil dari keseluruhannya dengan cadangan – hanya 3,3%.

Mulai tahun 2021, China mengizinkan bank domestik dan internasional untuk mengimpor logam mulia dalam jumlah besar ke negara tersebut dalam upaya untuk mendukung harga. Menurut laporan Reuters, sekitar 150 metrik ton senilai USD8,5 miliar akan dikirim ke China segera setelah April atau Mei.

5. Rusia

10 Negara Pemilik Cadangan Emas Terbesar di Dunia, Nomor 3 untuk Penjaga Keamanan Moneter Terbaik

Foto/Reuters

Ton: 2.295,4

Persen cadangan devisa: 22,0%

Bank Sentral Rusia telah menjadi salah satu pembeli emas terbesar selama tujuh tahun terakhir dan menyusul China pada 2018 untuk memiliki cadangan terbesar kelima.

Pada tahun 2017, Rusia membeli 224 ton emas batangan dalam upaya untuk melakukan diversifikasi dari dolar AS, karena hubungannya dengan Barat semakin dingin sejak aneksasi Semenanjung Krimea pada pertengahan tahun 2014.

4. Prancis

Ton: 2.436,0

Persen cadangan devisa: 64,5%

Bank sentral Prancis telah menjual sedikit emasnya selama beberapa tahun terakhir. Cadangan saat ini terdiri dari 100 ton koin emas dan sisanya dalam bentuk batangan dengan berat masing-masing sekitar 12,5 kilogram.

Brankas Banque de France di Paris adalah salah satu dari empat tempat penyimpanan Dana Moneter Internasional (IMF) yang ditunjuk.

3. Italia

10 Negara Pemilik Cadangan Emas Terbesar di Dunia, Nomor 3 untuk Penjaga Keamanan Moneter Terbaik

Foto/Reuters

Ton: 2.451,8

Persen cadangan devisa: 69,3%

Italia juga mempertahankan ukuran cadangannya selama bertahun-tahun. Mario Draghi, mantan gubernur Bank of Italy dan Gubernur Bank Sentral Eropa, ketika ditanya oleh seorang reporter pada tahun 2013 apa peran emas dalam portofolio bank sentral, menjawab bahwa logam adalah “cadangan keamanan,” menambahkan, “ini memberi Anda perlindungan yang cukup baik terhadap fluktuasi terhadap dolar.”

2. Jerman

Ton: 3.362,4

Persen cadangan devisa: 74,5%

Pada tahun 2017 Jerman menyelesaikan operasi repatriasi selama empat tahun untuk memindahkan total 674 ton emas dari Banque de France dan Federal Reserve Bank of New York kembali ke brankasnya sendiri.

Pertama kali diumumkan pada tahun 2013, langkah tersebut diperkirakan akan memakan waktu hingga tahun 2020 untuk selesai. Meskipun permintaan emas turun pada tahun 2017 setelah mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada tahun 2016, investasi emas di negara Eropa ini terus meningkat sejak krisis keuangan global.

1. Amerika Serikat

10 Negara Pemilik Cadangan Emas Terbesar di Dunia, Nomor 3 untuk Penjaga Keamanan Moneter Terbaik

Foto/Reuters

Ton: 8.133,5

Persen cadangan devisa: 77,5%

Dengan kepemilikan resmi terbesar di dunia, AS mengklaim emas yang hampir sama banyaknya dengan gabungan tiga negara berikutnya. Ini juga memiliki alokasi emas tertinggi ketiga sebagai persentase dari cadangan devisanya.

Dari apa yang kita ketahui, mayoritas emas AS disimpan di Fort Knox di Kentucky, dengan sisanya disimpan di Philadelphia Mint, Denver Mint, San Francisco Assay Office, dan West Point Bullion Depository.

Negara bagian mana yang paling mencintai emas? Nah, negara bagian Texas melangkah lebih jauh dengan membuat Texas Bullion Depository miliknya sendiri untuk melindungi emas investor.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)