Kapal Induk AS Lempar Jangkar di Vietnam

Minggu, 25 Juni 2023 - 14:08 WIB
loading...
Kapal Induk AS Lempar Jangkar di Vietnam
Kapal induk AS berlabuh di Vietnam di tengah ketegangan Laut China Selatan. Foto/Ilustrasi
A A A
DANANG - Sebuah kapal induk Amerika Serikat (AS) berlabuh di kota Danang, Vietnam tengah pada Minggu (25/6/2023), seperti dilaporkan oleh wartawan AFP. Kapal induk AS berlabuh hanya beberapa minggu setelah Hanoi memprotes kapal-kapal China yang berlayar di perairannya.

Panggilan pelabuhan USS Ronald Reagan di Danang datang saat AS dan Vietnam merayakan ulang tahun ke-10 "kemitraan komprehensif" mereka, dengan kedua negara berbagi hubungan perdagangan yang semakin dekat, serta kekhawatiran atas kekuatan China yang tumbuh di wilayah tersebut.

Sebuah kapal survei China, beberapa kapal penjaga pantai dan kapal penangkap ikan beroperasi selama beberapa minggu di zona ekonomi eksklusif Vietnam di Laut China Selatan, mendorong permintaan agar mereka pergi dari Kementerian Luar Negeri Vietnam.

Kapal-kapal tersebut akhirnya berangkat pada awal Juni ini.



China mengklaim sebagian besar jalur air yang kaya sumber daya itu meskipun klaim itu mendapat tentangan dari negara-negara Asia Tenggara lainnya termasuk Vietnam, Filipina, dan Malaysia.

“Kunjungan tersebut memberikan pesan bahwa Vietnam terus mengimbangi China dengan meningkatkan hubungan keamanannya dengan AS, dan dengan kekuatan luar lainnya,” kata Nguyen The Phuong, seorang kandidat PhD dalam keamanan maritim di University of New South Wales Canberra kepada AFP seperti dilansir dari Channel News Asia.

Kunjungan kapal induk AS itu menyusul kedatangan kapal angkatan laut India di Danang bulan lalu, serta kunjungan pelabuhan oleh kapal perang terbesar Jepang di Cam Ranh, sebuah kota di pantai tenggara, awal pekan ini.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Pham Thu Hang, mengatakan awal pekan ini bahwa panggilan pelabuhan adalah pertukaran persahabatan biasa untuk perdamaian, stabilitas, dan kerja sama serta pembangunan di kawasan dan dunia.

Dikatakan oleh Phuong, hubungan bilateral yang kuat antara AS dan Vietnam adalah kunci bagi Washington jika ingin tetap menjadi kekuatan dominan di kawasan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)