Kapal Induk AS Akan Berlabuh di Vietnam di Tengah Ketegangan Laut China Selatan

Jum'at, 23 Juni 2023 - 17:47 WIB
loading...
Kapal Induk AS Akan Berlabuh di Vietnam di Tengah Ketegangan Laut China Selatan
Kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS), USS Ronald Reagan, akan singgah di kota pelabuhan Danang, Vietnam Tengah pada Minggu (25/6/2023). Foto/airpac.navy.mil
A A A
HANOI - Kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS), USS Ronald Reagan, akan singgah di kota pelabuhan Danang, Vietnam Tengah pada Minggu (25/6/2023). Ini adalah kunjungan langka yang dilakukan kapal perang AS di negara Asia Tenggara itu di tengah ketegangan dengan Beijing di Laut China Selatan tetap tinggi.

"Kapal akan tiba pada Minggu sore dan tinggal di Danang sampai 30 Juni," kata juru bicara kementerian luar negeri Vietnam seperti dilaporkan media lokal seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (23/6/2023).

Namun juru bicara itu tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Kunjungan USS Ronald Reagan ini merupakan yang ketiga bagi kapal induk AS sejak berakhirnya Perang Vietnam.



Sebelumnya, USS Theodore Roosevelt berhenti di Vietnam pada tahun 2020 untuk menandai 25 tahun sejak Perang Vietnam berakhir pada tahun 1975.

Tahun ini Washington berusaha meningkatkan hubungan formalnya dengan Vietnam, di tengah seringnya perselisihan Hanoi dengan Beijing mengenai batas-batas di Laut Cina Selatan.

China mengklaim perairan hampir seluruhnya, termasuk zona ekonomi eksklusif Vietnam dan negara-negara lain di kawasan itu.

Operator kapal peragn AS sering melintasi laut kaya energi yang berisi rute penting untuk perdagangan global. Kapal perang AS kerap dibayangi oleh kapal China.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)