5 Teori yang Menjelaskan Ledakan Kapal Selam Wisata Titanic

Minggu, 25 Juni 2023 - 07:45 WIB
loading...
5 Teori yang Menjelaskan Ledakan Kapal Selam Wisata Titanic
Penyebab ledakan kapal selam wisata Titanic masih menyimpan mister. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Para ahli berbagi perspektif mereka tentang apa yang menyebabkan ledakan mematikan kapal selam yang melakukan ekspedisi terakhirnya ke bangkai kapal Titanic dengan lima penumpang.

Teori yang menjelaskan ledakan tersebut bertujuan untuk menjawab kenapa kapal selam yang membawa lima orang ke bangkai kapal Titanic tiba-tiba meledak, tapi kenapa tragedi ini bisa terjadi?

Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) menyatakan telah menemukan puing-puing kapal selam wisata Titanic dalam ekspedisi mematikan itu. Itu sebagai bukti bahwa lambung kapal mengalami ledakan dahsyat.

Meskipun penyelidikan atas keadaan tragis itu masih berlangsung, banyak ahli kelautan telah angkat bicara untuk memberikan wawasan dan penjelasan mereka.

Berikut adalah 5 teori mengapa tragedi itu terjadi yang menyebabkan ledakan dahsyat pada kapal selam wisata Titanic.

1. Kegagalan Palka dengan 17 Baut

5 Teori yang Menjelaskan Ledakan Kapal Selam Wisata Titanic

Foto/Reuters

Mantan kapten kapal selam Angkatan Laut Kerajaan Ryan Ramsey mengomentari kemungkinan alasan ledakan kapal selam Titan saat turun ke reruntuhan Titanic.

Dia mengatakan bahwa ledakan kapal selam Titan mungkin disebabkan ketika palka, yang dikuatkan dengan 17 baut, mengalami kegagalan. Palka adalah ruangan yang didesain sebagai tempat penyimpanan muatan yang berada di kapal selam. Itu menyebabkan runtuhnya lambung kapal di bawah tekanan yang sangat besar di kedalaman tersebut.

"Palka dengan 17 baut yang mereka gunakan untuk menyegelnya (mungkin) mengalami kegagalan, yang kemudian menyebabkan lambung runtuh karena tekanan karena ada tekanan yang sangat besar, bahkan di tengah jalan,” katanya dilansir Mirror.


2. Lambung Kapal yang Rusak

5 Teori yang Menjelaskan Ledakan Kapal Selam Wisata Titanic

Foto/Ist

Penjelasan lain yang mungkin menurut Ramsey, adalah bahwa lambung kapal selam itu sendiri memiliki cacat yang sudah ada sebelumnya, yang kemudian retak di bawah tekanan, mengakibatkan ledakan.

"Tekanan terhadap lambung kapal itu sendiri mungkin memiliki cacat atau kerusakan di dalamnya ketika mereka berlayar dan itu retak dari tekanan dan menyebabkan ledakan,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)