Rusia Desak Badan Energi Atom Internasional Pastikan Keamanan PLTN Zaporizhzhia

Sabtu, 24 Juni 2023 - 18:19 WIB
loading...
Rusia Desak Badan Energi Atom Internasional Pastikan Keamanan PLTN Zaporizhzhia
Rusia Desak Badan Energi Atom Internasional Pastikan Keamanan PLTN Zaporizhzhia. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia mendesak Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk memastikan Ukraina tidak menembaki pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia. Rusia menegaskan, pembangkit itu harus beroperasi dengan aman.

Alexei Likhachev, Kepala Eksekutif perusahaan energi nuklir negara Rusia, Rosatom, membuat komentar pada pertemuan dengan kepala IAEA Rafael Grossi di kota Rusia Kaliningrad. Menurut Rosatom, Grossi mengunjungi pabrik itu pekan lalu.



“Kami mengharapkan langkah-langkah konkrit dari IAEA yang ditujukan untuk mencegah serangan oleh Angkatan Bersenjata Ukraina, baik di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia maupun di wilayah yang berdekatan dan fasilitas infrastruktur penting,” kata Rosatom mengutip pernyataan pimpinannya, seperti dikutip dari Reuters.

Pekan ini, IAEA mengatakan bahwa pembangkit listrik itu "bergulat dengan tantangan yang berhubungan dengan air", setelah penghancuran bendungan Kakhovka mengosongkan waduk besar di tepi selatan tempat pembangkit itu berada.



Moskow dan Kiev secara teratur saling menuduh menembaki pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, dengan enam reaktor offline-nya. Upaya internasional untuk membangun zona demiliterisasi di sekitarnya sejauh ini gagal.

Ukraina minggu ini menuduh Rusia merencanakan serangan "teroris" di pabrik yang melibatkan pelepasan radiasi, sementara Moskow pada hari Jumat menahan lima orang yang katanya berencana menyelundupkan radioaktif cesium-137 atas permintaan pembeli Ukraina untuk dipentaskan. insiden nuklir.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)