TV Rusia Tayangkan Putin di 2 Tempat Sekaligus, Gunakan Tubuh Ganda?

Sabtu, 24 Juni 2023 - 07:38 WIB
loading...
TV Rusia Tayangkan Putin...
Televisi pemerintah Rusia tayangkan Presiden Vladimir Putin berada di dua tempat sekaligus, memicu klaim bahwa Putin menggunakan tubuh ganda. Foto/Screenshot Newsweek
A A A
MOSKOW - Televisi pemerintah Rusia menyiarkan Presiden Vladimir Putin berada di dua lokasi berbeda sekaligus. Hal itu memicu klaim oleh pihak oposisi dan kubu pro-Ukraina bahwa pemimpin Kremlin itu menggunakan taktik "body double" atau "tubuh ganda".

Klaim bahwa Putin memiliki satu atau bahkan beberapa "pengganti" telah berlangsung selama beberapa dekade dan terus muncul kembali terutama karena penampilannya berubah seiring bertambahnya usia.

Dinas Rahasia Ukraina bahkan menyusun panduan praktis tentang cara membedakan doppelganger.

Tetapi sementara klaim semacam itu menawarkan sedikit substansi atau bukti di luar spekulasi kosong dan "hot takes" yang dangkal di masa lalu, serangkaian segmen televisi pemerintah yang ditayangkan pada hari Kamis di Rusia, tampaknya menunjukkan presiden berada di dua tempat sekaligus, mengangkat alis bahkan dari orang yang paling skeptis terhadap penggunaan "tubuh ganda".



Serangkaian posting Twitter dan Telegram pada hari Jumat menyoroti ketidakkonsistenan yang tampak dalam pelaporan berita televisi pemerintah Rusia dari hari sebelumnya, mengeklaim itu adalah bukti konklusif bahwa Putin menggunakan "tubuh ganda".

"Rusia akhirnya menyadari bahwa Putin digantikan oleh pengganti untuk acara publik," kata sebuah posting di saluran Telegram TruexaNews.

"Sebuah konfirmasi menarik tentang keberadaan kembaran Putin, disampaikan oleh orang Rusia; Viktor Alksnis, yang menyebut dirinya 'kolonel hitam', Uni Soviet dan anggota Parlemen Rusia," tulis penasihat urusan dalam negeri Ukraina Anton Gerashchenko di Twitter, seperti dikutip Newsweek, Sabtu (24/6/2023).

Di utas, Gerashchenko, mengutip posting Telegram Alksnis, merinci dua segmen siaran langsung televisi Rusia yang ditayangkan sekitar waktu yang sama, keduanya menampilkan presiden Rusia.

"Menurut media Rusia, hari ini Putin mengadakan pertemuan Dewan Keamanan Federasi Rusia dengan partisipasi anggota tetap Dewan Keamanan," bunyi utas tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)