Vladimir Putin: Ukraina Tahu Tak Miliki Peluang Menang Melawan Rusia

Kamis, 22 Juni 2023 - 07:34 WIB
loading...
Vladimir Putin: Ukraina Tahu Tak Miliki Peluang Menang Melawan Rusia
Presiden Vladimir Putin sebut Ukraina sudah tahu tidak memiliki peluang menang melawan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin mengatakan Ukraina telah menghentikan operasi ofensif besar setelah menyadari pasukannya tidak bisa menang melawan Rusia.

“Berkat keberanian dan kepahlawanan tentara kami dan kesiapan para komandan untuk menangkis setiap tindakan agresif terhadap Rusia, menurut saya musuh tidak memiliki peluang. Mereka mengerti ini, itulah sebabnya mereka berhenti,” kata Putin kepada jurnalis Pavel Zarubin di Kremlin pada Rabu, yang dilansir Russia Today, Kamis (22/6/2023).

Militer Ukraina meluncurkan apa yang mereka sebut serangan balasan atau kontraofensif sejak 4 Juni, menggunakan beberapa brigade yang dilatih di Barat dan dilengkapi dengan tank Leopard dan kendaraan lapis baja Bradley.

“Anehnya, ini adalah pembakaran yang lambat saat ini, karena musuh mengalami kerugian personel dan peralatan yang serius,” kata Putin.



“Sampai pagi ini, orang-orang kami telah melumpuhkan 245 tank dan sekitar 678 kendaraan lapis baja dari berbagai jenis, belum lagi korban musuh, yang jumlahnya besar," imbuh orang nomor satu Rusia tersebut.

Menurut Putin, pasukan Kyiv saat ini sedang dalam proses membangun kembali brigade mereka, yang mengalami kerugian serius.

Tetapi, lanjut dia, kekhawatiran bahwa mengambil lebih banyak korban pada tingkat ini akan menghilangkan kemampuan tempur tidak hanya dari cadangan strategis mereka, tetapi seluruh militer mereka.

"Saat ini, operasi ofensif tidak sedang berlangsung, hanya elemen pertempuran seperti penembakan dan pengintaian yang berlaku," paparnya.

Pensiunan jenderal Andrey Kartapolov, yang memimpin ekspedisi Rusia di Suriah pada 2016-2017, juga memperkirakan bahwa Ukraina akan kehabisan kemampuan ofensifnya pada akhir Juni pada tingkat ini, dengan 40% dari kekuatannya di teater sudah membuat pertempuran tidak efektif.

Komentar Putin disampaikan pada resepsi untuk kadet top akademi militer dan sekolah perwira Rusia, yang juga dihadiri oleh Menteri Pertahanan Sergei Shoigu.

Presiden Rusia memberi tahu para perwira baru bahwa Moskow berkomitmen untuk menyediakan semua senjata dan pasokan yang dibutuhkan angkatan bersenjata.

Shoigu memberi kesan kepada para perwira baru tentang keseriusan saat ini, mengatakan bahwa masa depan geopolitik Rusia dipertaruhkan, dengan Barat mempersenjatai Ukraina dan mengobarkan perang habis-habisan melawan Rusia melalui sanksi dan subversi negara-negara tetangga.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)