Tim Pencari Temukan Rangka Pendaratan Kapal Selam Titan

Jum'at, 23 Juni 2023 - 01:30 WIB
loading...
Tim Pencari Temukan Rangka Pendaratan Kapal Selam Titan
Tim pencari menemukan ladang puing dan rangka pendaratan kapal selam Titan yang hilang. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Sebuah "ladang puing" telah ditemukan dalam pencarian kapal selam Titan yang hilang. Ahli penyelamat mengatakan kepada Sky News, bahwa rangka pendaratan dan penutup belakang kapal selam yang hilang itu telah ditemukan.

Sebuah kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh di dasar laut membuat terobosan. Dan, Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) sedang mengevaluasi informasi tersebut menjelang konferensi pers pada pukul 20:00 waktu Inggris, Kamis (22/6/2023) malam.



David Mearns, seorang ahli penyelamat yang mengenal dua dari lima orang di dalam kapal selam Titan, mengaku telah menerima pesan WhatsApp yang menyatakan bahwa dua bagian penting dari sistem telah terdeteksi, Namun, lambung kapal nahas itu belum ditemukan.

"Mereka tidak menggunakan frase seperti 'ladang puing' kecuali tidak ada kesempatan untuk menemukan orang hidup,” kata Mearns. "Ladang puing menyiratkan pecahnya kapal selam. Itu benar-benar menunjukkan skenario terburuk, yang merupakan kegagalan bencana dan umumnya itu adalah ledakan,” lanjutnya.

"Satu-satunya anugrah adalah bahwa itu akan segera terjadi - secara harfiah dalam milidetik - dan orang-orang itu tidak akan tahu apa yang sedang terjadi," tambah Mearns.

Mearns mengenal miliarder Inggris, Hamish Harding dan pilot kapal selam, Prancis Paul-Henri Nargeolet, yang sedang dalam perjalanan. Dalam sebuah wawancara emosional, dia mengatakan "ketakutan terburuknya kini telah terwujud" - dan dia telah berdoa untuk hasil yang berbeda. "Dua teman saya telah pergi," kata Mearns.



Para pejabat belum mengonfirmasi apakah puing-puing itu terkait dengan kapal selam yang hilang. Namun demikian, ini merupakan terobosan potensial dalam upaya penyelamatan yang semakin mendesak sepanjang waktu. ROV yang dilengkapi kamera dan sonar itu berhasil mencapai dasar laut.

Laksamana Sir James Burnell-Nugent, mantan Panglima Armada Angkatan Laut Inggris, mengatakan kepada Sky News, bahwa "sifat pengumuman tersebut menunjukkan bahwa puing-puing ini dalam beberapa hal berhubungan dengan Titan".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)