AS Unjuk Kekuatan, Kerahkan Jet F-22 Raptor ke Timur Tengah

Kamis, 22 Juni 2023 - 23:50 WIB
loading...
AS Unjuk Kekuatan, Kerahkan Jet F-22 Raptor ke Timur Tengah
AS mengerahkan jet tempur F-22 Raptor ke Timur Tengah. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) telah meningkatkan kehadirannya di Timur Tengah . Langkah ini diambil untuk membantu memerangi tantangan yang berkembang yang muncul dari aktivitas musuh regional dan internasional di kawasan itu.

Seperti dilaporkan Arab News, Kamis (22/6/2023), Letnan Jenderal Alexus Grynkewich, komandan Angkatan Udara Ke-9 mengatakan, penempatan pesawat tempur F-22 Raptor ke wilayah tersebut dimaksudkan untuk memberikan kekuatan ekstra dan mengantisipasi potensi ancaman dari Iran atau Rusia di Suriah atau di tempat lain.



“Raptors, dari Skuadron Tempur ke-94 yang berbasis di Virginia, akan berintegrasi dengan pasukan koalisi yang ada di darat dan udara,” kata Grynkewich.

“Pengerahan ini dimaksudkan, dari pihak AS, untuk menunjukkan komitmen kami kepada mitra kami dan menunjukkan kemampuan Amerika Serikat untuk membawa kekuatan tempur yang luar biasa pada saat itu juga,” lanjut Grynkewich.

Menurutnya, langkah ini juga merupakan unjuk kekuatan dan pencegahan sebagai tanggapan terhadap Angkatan Udara Rusia, yang saat ini beroperasi di wilayah udara Suriah. “ Raptor mengawal banyak mitra regional AS selama misi lintas udara,” kata Grynkewich.

Ia menambahkan, AS baru-baru ini memperbarui Strategi Pertahanan Nasionalnya di Timur Tengah, yang telah mengalami "pergeseran paradigma" dan sekarang berfokus pada "interoperabilitas, latihan bersama yang kompleks, dan integrasi senjata dan nilai.



Angkatan Udara Kesembilan adalah bagian dari Komando Pusat AS, yang menganggap Timur Tengah sebagai bagian dari wilayah tanggung jawabnya. Komando Pusat dan Angkatan Bersenjata Saudi baru-baru ini melakukan latihan militer multilateral, “Eagle Resolve,” bersama dengan angkatan bersenjata negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk lainnya.

Grynkewich menggambarkan hubungan militer AS-Saudi sebagai "kuat." Dia mengatakan dia sering bertemu rekan-rekannya dari Kerajaan untuk membahas cara-cara di mana hubungan militer dan koordinasi regional dapat ditingkatkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)