9 Orang Ditangkap Terkait Ledakan Gas di Restoran Barbekyu China

Kamis, 22 Juni 2023 - 19:28 WIB
loading...
9 Orang Ditangkap Terkait Ledakan Gas di Restoran Barbekyu China
9 orang ditangkap terkait ledakan gas di restoran barbekyu di China. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Setidaknya sembilan orang telah ditahan terkait ledakan di sebuah restoran barbekyu di China barat laut yang telah menewaskan sedikitnya 31 orang.

Kebocoran gas diduga menjadi penyebab ledakan di kota Yinchuan pada Rabu malam waktu setempat itu.

Presiden Xi Jinping menyerukan "upaya habis-habisan" dalam penyelamatan dan penyelidikan atas ledakan itu.

Media pemerintah China melaporkan pemilik Restoran Barbekyu Fuyang termasuk di antara mereka yang ditahan.

Ledakan itu terjadi menjelang liburan Festival Perahu Naga selama tiga hari di China, saat banyak keluarga dan teman berkumpul untuk makan saat perayaan.



Media setempat melaporkan beberapa siswa sekolah menengah dan pensiunan termasuk di antara yang tewas.

Kantor berita Xinhua melaporkan korban tewas diperkirakan akan bertambah dengan sedikitnya tujuh orang terluka, salah satunya dalam kondisi kritis.

Presiden Xi Jinping menyerukan upaya maksimal dalam merawat mereka yang terluka dan meningkatkan langkah-langkah keamanan.

"Kita harus melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan yang terluka dan meyakinkan keluarga korban, mengidentifikasi penyebab kecelakaan itu sesegera mungkin, dan secara serius mengejar tanggung jawab sesuai dengan hukum," kata Xi Jinping seperti dilansir dari BBC, Kamis (22/6/2023).

Restoran tersebut adalah bagian dari sekelompok restoran dan tempat hiburan di pusat kota Yinchuan, Ibu Kota wilayah otonom Ningxia.



Stasiun televisi negara China, CCTV, menyiarkan rekaman lebih dari selusin petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat asap keluar dari lubang menganga di fasad restoran. Pecahan kaca dan puing-puing lainnya berserakan di jalan.

Kementerian Manajemen Darurat mengatakan dinas pemadam kebakaran dan penyelamat mengirim lebih dari 100 personel dan 20 kendaraan ke tempat kejadian. Operasi penyelamatan berlangsung hingga Kamis pukul 04:00 waktu setempat.

Menurut penyelidikan awal oleh pemadam kebakaran, seorang pegawai restoran mencium adanya kebocoran gas sekitar satu jam sebelum ledakan.

Dia kemudian menemukan katup yang rusak pada tangki gas cair, dan sedang dalam proses menggantinya saat ledakan terjadi, lapor media lokal.

Restoran barbekyu adalah simbol ekonomi pedagang kaki lima China dan menjadi favorit penduduk setempat di wilayah barat laut negara itu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)