Krisis Memburuk, Warga Tunisia Kesulitan Beli Domba untuk Idul Adha

Kamis, 22 Juni 2023 - 05:15 WIB
loading...
Krisis Memburuk, Warga Tunisia Kesulitan Beli Domba untuk Idul Adha
Hewan kurban dijual di pasar ternak, jelang Idul Adha, di Tunis, Tunisia, 18 Juni 2023. Foto/REUTERS
A A A
TUNIS - Warga Tunisia yang berharap membeli domba untuk disembelih saat Idul Adha Islam pekan depan, menghadapi harga yang jauh lebih tinggi karena kekeringan.

Publik pun semakin cemas pada krisis ekonomi yang tampaknya kian memburuk.

Kawanan kecil domba adalah pemandangan umum di kota-kota Tunisia menjelang Idul Adha. Mereka biasanya makan di pinggir jalan raya dan di tanah kosong saat para penggembala membawa hewan mereka dari pedesaan untuk dijual.

Namun suara domba yang bergema di lingkungan kota saat keluarga menggemukkan hewan di atap rumah atau di taman mungkin lebih jarang terdengar tahun ini karena harga telah naik sekitar seperempat pada saat banyak warga Tunisia menghadapi krisis.

“Kondisi ekonomi sangat buruk. Harga semuanya naik dua kali lipat dan gaji saya tidak bisa bertahan selama sebulan,” papar Ridha Bouzid, yang membelikan keluarganya seekor domba untuk Idul Adha begitu penting sehingga dia mempertimbangkan mengambil pinjaman untuk membelinya.

Namun, saat dia membandingkan harga seekor domba 900 dinar (USD290) atau Rp4,3 juta sekarang, dengan 750 dinar yang dia bayarkan untuk hewan berukuran sama tahun lalu, dia khawatir tentang dampaknya terhadap keuangannya.

“Gaji saya hanya 950 dinar sebulan. Apa yang tersisa darinya?” ungkap dia.

Di dekatnya, di pasar Borj El Amri, Khaled Frekhi sedang memeriksa domba dengan putrinya yang masih kecil diangkat di bahunya dan telah memutuskan melupakannya tahun ini. “Kami tidak mampu membayar harga ini,” ungkap dia.

Kekeringan


Perekonomian Tunisia berada dalam kondisi buruk bahkan sebelum pandemi COVID, menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada tahun 2020.

Dengan keuangan negara yang berada di ambang kehancuran, pemerintah tidak dapat membantu melawan inflasi global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)