Rusia Pastikan Kesepakatan Biji-bijian Laut Hitam Berakhir Bulan Depan

Rabu, 21 Juni 2023 - 21:59 WIB
loading...
Rusia Pastikan Kesepakatan Biji-bijian Laut Hitam Berakhir Bulan Depan
Rusia pastikan kesepakatan biji-bijian Laut Hitam berakhir bulan depan. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia akan keluar dari kesepakatan yang memungkinkan biji-bijian Ukraina diekspor melalui Laut Hitam, pada 18 Juli. Hal itu diumumkan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Vershinin.

Namun, kata Vershinin kepada kantor berita RIA Novosti, putaran baru konsultasi dengan PBB untuk menyelamatkan perjanjian tidak dapat dikesampingkan. Perjanjian ini awalnya ditengahi oleh PBB dan Turki.

"Rusia tetap berhubungan dengan badan global mengenai masalah ini, tetapi kami akan melakukan apa yang telah kami katakan. Kami bersiap menuju 18 Juli menjadi waktu ketika perjanjian yang tidak dipenuhi berakhir,” katanya seperti disitir dari Russia Today, Rabu (21/6/2023).



Selama pembicaraan awal bulan ini, kata Vershinin, PBB pada dasarnya mengakui bahwa mereka tidak dapat berbuat apa-apa untuk memberikan apa yang telah dijanjikan ke Moskow sebagai bagian dari perjanjian. Ia menambahkan bahwa itu adalah situasi yang menyedihkan.

Kesepakatan itu, yang ditandatangani di Istanbul pada Juli 2022, menyediakan pengiriman biji-bijian Ukraina yang aman melalui koridor Laut Hitam dengan imbalan Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE) menghilangkan hambatan ekspor produk makanan Rusia dan pupuk yang diberlakukan atas konflik antara Moskow dan Kiev.

Kesepakatan itu awalnya berlangsung selama 120 hari, tetapi Rusia setuju untuk memperpanjangnya beberapa kali, meskipun menunjukkan fakta bahwa Barat tidak pernah memenuhi kewajiban yang diambilnya sendiri.

Persyaratan Rusia untuk memperpanjang kesepakatan termasuk menghubungkan kembali Bank Pertanian Rusia (Rosselkhozbank) ke sistem pembayaran yang disengaja SWIFT, membuka blokir akses ke pelabuhan dan asuransi untuk kapal yang membawa produk makanan Rusia.



Syarat lainnya adalah melanjutkan operasi pipa amonia Togliatti-Odessa, memulihkan pasokan perangkat keras pertanian dan suku cadang, dan mencairkan aset perusahaan pertanian Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)