25 Negara Tertua di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Selasa, 20 Juni 2023 - 20:40 WIB
loading...
25 Negara Tertua di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?
Jepang merupakan salah satu negara tertua di dunia. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Peradaban manusia sudah dimulai sejak beberapa ribu tahun yang lalu. Mereka membangun peradaban dengan membentuk pemerintahan dan negara untuk mengatur masyarakat. Sistem perekonomian dan sosial juga dibangun dengan tradisi dan cara sendiri-sendiri.

Perada di dunia sangatlah kaya. Data terbaru dari PBB menunjukkan per Januari 2023, terdapat 1.157 Situs Warisan Dunia. Itu menunjukkan berbagai tempat di dunia memiliki sejarah dan budaya yang berbeda.

Itu juga menandai evolusi umat manusia dari pemburu pengumpul menjadi peradaban berteknologi maju. Situs warisan Dunia yang dipadukan dengan jejak peradaban lainnya juga melahirkan industri pariwisata yang semarak.

Ini melihat jutaan orang bepergian ke seluruh dunia setiap tahun untuk melihat sejarah masa lalu. Misalnya, bersamaan dengan kemajuan dalam teknologi, kesehatan, dan pendidikan, umat manusia juga menjadi sangat saling terkait sejak zaman Maya Kuno dan Mesir.

Berikut adalah 25 negara tertua yang memiliki peradaban kuno yang diakui dunia.

25. Kerajaan Kamboja

25 Negara Tertua di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Foto/Reuters

Tanggal peradaban besar pertama: 3 SM

Melansir Monkey Insider, kerajaan Kamboja diyakini telah diselesaikan setidaknya delapan ribu tahun yang lalu. Itu pernah menjadi rumah bagi Kerajaan Khmer, dengan beberapa kuil terindah di dunia.

24. Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara

Tanggal peradaban besar pertama: 325 SM

Inggris Raya, seperti yang diketahui merupakan salah satu negara paling penting dalam sejarah manusia. Setelah menguasai sebagian besar dunia pada abad ke-20, Inggris masih menjadi kekuatan global dan salah satu ekonomi terbesar di dunia.

23. Republik Demokratik Rakyat Korea

Tanggal peradaban besar pertama: 500 SM

Republik Demokratik Rakyat Korea, atau Korea Utara adalah negara Asia Timur. Itu adalah rumah bagi salah satu peradaban tertua Korea, yang disebut peradaban Gojoseon.


22. Negara Bagian Eritrea

Tanggal peradaban besar pertama: 500 SM

Negara Bagian Eritrea berada di Afrika Timur. Salah satu peradaban tertua di daerah tersebut adalah Peradaban D'mt yang diyakini berasal dari setidaknya 500 SM.

21. Republik Chili

Tanggal peradaban besar pertama: 600 SM
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)