10 Pemenang Nobel Termuda Sepanjang Sejarah, Dua Diantaranya Muslimah Berhijab

Minggu, 18 Juni 2023 - 12:11 WIB
loading...
10 Pemenang Nobel Termuda Sepanjang Sejarah, Dua Diantaranya Muslimah Berhijab
Malala Yousafzai merupakan salah satu peraih Nobel termuda. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Nobel merupakan salah satu penghargaan paling bergengsi di dunia. Itu sebagai pengakuan terhadap individu yang telah memberikan kontribusi signifikan di bidangnya. Selama bertahun-tahun, ada beberapa peraih Nobel muda yang telah mencapai prestasi luar biasa ini pada usia yang sangat dini.

Dari 1901 hingga 2023, telah keluar 975 Peraih Nobel yang terdiri dari 25 organisasi dan 950 individu. Faktanya, tak semua peraih Nobel adalah orang yang sudah berusia matang.

Banyak juga anak muda yang masuk dalam daftar peraih Nobel. Itu menunjukkan generasi muda sebenarnya bisa berkontribusi besar sehingga mendapatkan pengakuan dunia.

Mereka mengadvokasi pendidikan anak perempuan hingga membuat terobosan baru dalam sains. Orang beruntung orang-orang ini telah memberikan kontribusi yang signifikan di bidangnya masing-masing pada usia yang sangat dini.

Berikut adalah 10 peraih nobel termuda.

10. Tawakkol Karman

10 Pemenang Nobel Termuda Sepanjang Sejarah, Dua Diantaranya Muslimah Berhijab

Foto/Reuters

Wartawan dan politisi Yaman Tawakkol Karman memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada 2011. Saat menang, dia berusia 32 tahun.

Dia memenangkan penghargaan untuk perjuangan tanpa kekerasan untuk keselamatan perempuan dan untuk hak perempuan untuk berpartisipasi penuh dalam pekerjaan pembangunan perdamaian.

Melansir wonderslist, Karman merupakan wanita Yaman pertama dan wanita Arab pertama yang memenangkan Hadiah Nobel. Dia memimpin grup “Women Journalists Without Chains,” yang dia dirikan bersama pada tahun 2005.


9. Mairead Corrigan

Mairead Maguire memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada 1976 pada usia 32 tahun.

Aktivis perdamaian berusia 70 tahun dari Irlandia Utara, berbagi penghargaan dengan Betty Williams (33), yang juga merupakan peraih Nobel muda lainnya “karena menjadi Pendiri Gerakan Perdamaian Irlandia Utara (kemudian berganti nama menjadi Komunitas Orang Damai)”.

Corrigan juga memenangkan Penghargaan Perdamaian Rakyat Norwegia, Pacem in Terris, dan Medali Carl von Ossietzky.

8. Frederick G. Banting

10 Pemenang Nobel Termuda Sepanjang Sejarah, Dua Diantaranya Muslimah Berhijab

Foto/Ist
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)