6 Fakta Pertemuan Presiden Rusia dan UEA, Putin Banyak Memuji Mohammed bin Zayed

Sabtu, 17 Juni 2023 - 20:11 WIB
loading...
6 Fakta Pertemuan Presiden Rusia dan UEA, Putin Banyak Memuji Mohammed bin Zayed
Ada 6 fakta dari pertemuan Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di St Petersburg. Foto/Sputnik/Ilya Pitalev/Host photo agency via REUTERS
A A A
JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin telah menerima kunjungan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) di Saint Petersburg pada Jumat. Dalam pertemuan tersebut, pemimpin Kremlin banyak memuji hubungan kedua negara.

Hasil pertemuan kedua pemimpin membuat banyak pihak penasaran. Sejumlah fakta berikut ini bisa menjawab rasa penasaran tersebut.


6 Fakta Pertemuan Presiden Rusia dan UEA




1. Presiden UEA Pernah Bertemu Putin pada Oktober 2022


Sebelum pertemuan kemarin berlangsung, Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan pernah mengunjungi St Petersburg pada bulan Oktober 2022. Sementara pertemuan kemarin merupakan pertemuan kedua kalinya dalam Forum Ekonomi Internasional St Petersburg.


2. Putin Banyak Memuji Presiden UEA


Saat kedua pemimpin besar tersebut bertemu, Putin banyak memuji Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan lantaran berhasil membawa ekonomi dan pembangunan Emirat menjadi lebih baik.


3. UEA Mitra Paling Baik untuk Rusia


Selain dalam bidang ekonomi dan pembangunan, Presiden UEA juga dipuji lantaran telah menciptakan lingkungan sosial yang baik. Hal itu membuat Putin merasa jika UEA adalah mitra paling baik dan nyaman bagi Rusia.


4. UEA Ingin Memperkuat Hubungan dengan Rusia


Dikutip dari laman Reuters, Presiden Uni Emirat Arab adalah sosok pemimpin yang tidak mengikuti sanksi Barat terhadap Moskow. Bahkan dirinya selalu ingin menjalin hubungan baik dengan Rusia.


5. Kehadiran Presiden UEA atas Undangan Putin


Kehadiran Presiden UEA merupakan bentuk dari pemenuhan undangan dari Putin. Tujuan Presiden Rusia mengundang pemimpin UEA itu guna membahas keamanan kawasan dan kerjasama yang lainnya.


6. Putin Berterima Kasih atas Bantuan UEA soal Konflik Ukraina


Dalam kesempatan tersebut, Vladimir Putin juga berterima kasih kepada Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al Nahyan atas bantuannya dalam menyelesaikan masalah kemanusiaan yang timbul dari konflik di Ukraina.

"Di awal pembicaraan kita, saya ingin mengucapkan terima kasih atas upaya Anda untuk menyelesaikan masalah kemanusiaan selama peristiwa ke arah Ukraina, terkait pertukaran tahanan, dan masalah kemanusiaan lainnya semacam ini," kata Putin.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1007 seconds (0.1#10.140)