Ditolak AS Beli Jet Tempur Siluman F-35, Thailand Lirik Pesawat Swedia

Sabtu, 17 Juni 2023 - 15:45 WIB
loading...
Ditolak AS Beli Jet Tempur Siluman F-35, Thailand Lirik Pesawat Swedia
Thailand berencana membeli jet tempur Gripen Swedia setelah ditolak Amerika Serikat untuk membeli jet tempur siluman F-35. Foto/REUTERS
A A A
BANGKOK - Amerika Serikat (AS) baru-baru ini menolak permintaan Thailand untuk membeli jet tempur siluman F-35A. Sekarang, Bangkok berusaha untuk memperoleh pesawat tempur Swedia.

Menurut sumber Thailand, yang dikutip Pattaya News, Sabtu (17/6/2023) Angkatan Laut Kerajaan (RTAF) bertujuan untuk mendapatkan tiga jet tempur Gripen tambahan dari Swedia untuk menambah armadanya di Sayap ke-7 di provinsi Surat Thani setelah kehilangan satu dalam kecelakaan.

RTAF sebelumnya telah membeli 12 unit jet tempur Gripen, yang masing-masing berharga sekitar 2 miliar baht.

Selain itu, Swedia tidak hanya akan menyediakan jet tempur yang diinginkan RTAF, tetapi juga akan meng-upgrade sistem radar.



Sumber tersebut mengatakan sistem radar, yang telah beroperasi selama satu dekade, akan menjalani upgrade besar-besaran dengan perkiraan biaya 4 miliar baht.

Sumber itu lebih lanjut mengungkapkan bahwa komandan tertinggi RTAF, ACM Alongkorn Wannarot, belum membentuk panel untuk menilai dan memilih penerus jet tempur F-16 kerajaan, yang telah bertugas selama tiga dekade.

Terlepas dari saran Amerika Serikat agar RTAF mempertimbangkan untuk mengakuisisi jet tempur generasi 4,5 seperti F-16 Block 70 dan F-15, anggaran saat ini untuk tahun fiskal 2024 kurang dari jumlah yang diperlukan untuk masuk ke dalam perjanjian kontrak untuk pengadaan seperti itu.

Pada Mei lalu, AS menolak permintaan Thailand untuk pengadaan jet tempur siluman F-35A yang canggih. Alasannya, negara Asia Tenggara itu belum siap dalam hal fasilitas infrastruktur untuk mengakomodasi jet tempur generasi kelima tersebut.

Penolakan Amerika itu diungkap Bangkok Post dengan mengutip sumber RTAF. Menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut, Duta Besar (Dubes) AS Robert F Gordec menyampaikan pesan Pentagon kepada Kepala RTAF ACM Alongkorn Wannarot selama kunjungan ke markas RTAF Thailand di Don Mueang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)