Ahli: Besar Kemungkinan Rusia Dalang Penghancuran Bendungan Kakhovka

Jum'at, 16 Juni 2023 - 23:41 WIB
loading...
A A A


Dikatakan oleh Khan bahwa penghancuran bendungan dan dampaknya pada reservoir Kakhovka dan daerah sekitarnya telah menciptakan kondisi yang menurut para penyelidik bisa menjadi kejahatan kelaparan dengan menargetkan objek yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup penduduk sipil.

Serangan itu mungkin merupakan bagian dari kejahatan yang lebih luas terhadap kemanusiaan, namun kelompok tersebut belum membuat keputusan tersebut.

Menyerang bendungan dengan sengaja dapat merupakan kejahatan perang menurut hukum humaniter internasional karena dianggap bersifat sipil, kecuali ada tujuan militer yang sah, kata Pengacara Inggris Catriona Murdoch, yang memimpin penyelidikan tim keadilan keliling, dalam sebuah pernyataan.

"Bahkan dalam skenario yang sangat tidak mungkin bendungan, atau memang daerah di dekatnya, menimbulkan tujuan militer yang sah sepadan dengan pengeluaran isi bendungan, itu masih diberikan perlindungan yang lebih tinggi di bawah hukum kemanusiaan internasional," katanya.

ICC, pengadilan kejahatan perang permanen dunia, juga menyelidiki serangan terhadap infrastruktur Ukraina, yang mungkin melanggar hukum internasional.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)