Lusa, AS-Rusia Duduk Satu Meja Bahas Keamanan Luar Angkasa

Sabtu, 25 Juli 2020 - 05:55 WIB
loading...
Lusa, AS-Rusia Duduk Satu Meja Bahas Keamanan Luar Angkasa
AS-Rusia akan melakukan pertemuah membahas keamanan Luar Angkasa pada 27 Juli mendatang. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Delegasi Amerika Serikat (AS) dan Rusia akan bertemu pada 27 Juli mendatang guna membahas keamanan di luar angkasa untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun. Pertemuan ini dilakukan di tengah kekhawatiran Washington terkait uji coba senjata anti satelit terbaru Moskow.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan pertemuan itu dijadwalkan berlangsung di Wina selama putaran berikutnya pembicaraan AS-Rusia mengenai kontrol senjata nuklir. Pertemuan bilateral terakhir antara Rusia dan Amerika Serikat tentang keamanan ruang angkasa berlangsung di tahun 2013.

"Harapan kami adalah bahwa pertemuan ini akan memungkinkan kami untuk mengeksplorasi cara-cara untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas di luar angkasa serta untuk memajukan penyebab pengembangan norma-norma perilaku yang bertanggung jawab," ujar Asisten Sekretaris Keamanan Internasional dan Nonproliferasi, Christopher Ford, pada konferensi pers seperti dilansir dari Radio Free Europe, Sabtu (25/7/2020).

Ford menyamakan tujuan dialog luar angkasa AS-Rusia dengan upaya untuk menciptakan aturan perilaku yang dapat diterima di dunia maya.

AS dan Inggris, mengatakan, sebuah satelit Rusia menembakkan sebuah proyektil yang oleh Ford digambarkan setara dengan "sebuah peluru."

"Rusia sekarang telah melakukan tes semacam itu untuk kedua kalinya," kata Ford. Tes pertama berlangsung pada tahun 2017. (Baca: Diam-diam, Putin Uji Coba Rudal Anti Satelit )

Dia menuduh Rusia dan China mengirimkan senjata anti-satelit baru untuk menahan risiko dinas ruang angkasa AS dan sekutunya serta mengatakan Moskow mengembangkan senjata semacam itu dengan sangat cepat. (Baca: Resmi, AS Punya Pasukan Luar Angkasa )

"Objek di ruang angkasa bergerak dengan kecepatan cepat, yang berarti kolusi antara proyektil kecil dan satelit akan menyebabkan kerusakan besar," kata Ford.

"Tidak ada yang namanya bender fender di sana," tambahnya.

Satelit sangat penting tidak hanya untuk pertahanan tetapi banyak aspek kehidupan sehari-hari dan kehancurannya dapat menyebabkan gangguan besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)