7 Inisiatif Panglima Militer Ukraina Valery Zaluzhny dalam Perang Melawan Rusia

Kamis, 15 Juni 2023 - 07:30 WIB
loading...
7 Inisiatif Panglima Militer Ukraina Valery Zaluzhny dalam Perang Melawan Rusia
Panglima militer Ukraina Valery Zaluzhny dibalik berbagai strategi perang melawan Rusia. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Panglima militerUkraina Valery Zaluzhny disegani oleh para prajuritnya. Meskipun dia dikenal sebagai figur kontroversial karena pernah bersitegang dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Tapi, Zaluzhny merupakan arsitek operasi balasan ke wilayah Ukraina timur dan selatan yang dikuasai Rusia.

Sebenarnya, upaya Ukraina yang telah lama ditunggu-tunggu untuk merebut kembali wilayah di timur dan selatan negara itu, yang diduduki oleh Rusia selama 18 bulan terakhir. Meskipun jauh dari kalau operasi itu bisa dikatakan sukses atau tidak, tetapi Zaluzhny memiliki banyak inisiatif dalam serangan balasan tersebut.

Zaluzhny menjadi tokoh kunci dalam perencanaan dan pelaksanaan operasi balasan tersebut. Panglima Tertinggi Ukraina berusia 49 tahun kini memiliki popularitas yang sama dengan Presiden Zelensky. Jenderal Zaluzhny, atau "Valera kami" begitu teman dan teman sekelas lamanya biasa memanggilnya, diangkat menjadi panglima tertinggi militer Ukraina pada Juli 2021.

Berikut adalah 7 inisiatif yang dilakukan Zaluzhny untuk bisa mengusir Rusia dari wilayah pendudukan di Ukraina timur dan selatan.

1. Menggagalkan Operasi Rusia untuk Menguasai Kyiv

7 Inisiatif Panglima Militer Ukraina Valery Zaluzhny dalam Perang Melawan Rusia

Foto/Reuters

Pada 26 Februari 2022 terlihat jelas bahwa pasukan Rusia gagal merebut Kyiv dalam tiga hari.

Salah satu ide yang beredar di antara pejabat tinggi Ukraina adalah mulai meledakkan jembatan dekat Kyiv di atas sungai Dnipro yang luas, untuk mencegah Rusia menyeberang dari tepi kiri timur ke tepi kanan barat, di mana, di antara objek strategis lainnya, kawasan pemerintah berada.

Para pejabat militer menelepon Zaluzhny untuk meminta pendapatnya. "Dalam keadaan apa pun kita tidak boleh melakukan itu," jawabnya. Dia mengatakan, itu akan menjadi pengkhianatan bagi warga sipil dan militer yang tersisa di tepi timur Ukraina.


2. Merencanakan Serangan Balasan dengan Matang

7 Inisiatif Panglima Militer Ukraina Valery Zaluzhny dalam Perang Melawan Rusia

Foto/Reuters

“Baik pertempuran sengit defensif dan ofensif sedang berlangsung di timur dan selatan negara kita. Kami memiliki keuntungan tertentu, menerapkan rencana kami, bergerak maju,” kata Zaluzhny di media sosial, dilansir Al Jazeera.

Kemudian, Presiden Ukraina Zelensky mengungkapkan selalu berkomunikasi dengan Zaluzhny dan para komandan militer.

Menurut lembaga think tank berbasis di Washington, Institute for the Study of War (ISW), sumber Rusia mengklaim bahwa pasukan Ukraina memiliki keunggulan taktis dalam melakukan serangan di malam hari karena peralatan yang disediakan Barat dengan sistem optik malam yang lebih hebat.

3. Mempelajari Gaya Perang Soviet

Terlahir dari keluarga tentara Soviet, Valery Zaluzhny pernah berkata bahwa dia selalu berkomitmen untuk menjauhkan diri dari hierarki Tentara Soviet yang berlebihan.

Pada saat ia pergi ke sekolah militer pada pertengahan 1990-an, Ukraina sudah menjadi negara merdeka.

Sementara buku teksnya di perguruan tinggi militer mungkin berasal dari era Soviet, dia belajar tentang realitas perang secara langsung. Pada tahun 2014 ia diangkat sebagai wakil komandan di wilayah timur Ukraina di mana konflik dengan separatis, yang didukung oleh tentara Rusia, sedang berlangsung.


4. Membangun Kepercayaan Prajurit

Sejak awal karier Zaluzhny memang dikenal kerap membangun hubungan kepercayaan dengan bawahannya serta mendelegasikan keputusan komando.

Mantan ajudan Zaluzhny yang berada di sisinya pada hari-hari pertama invasi Rusia, Lyudmyla Dolhonovska, mengatakan kepada BBC bahwa dia hampir tidak tidur dan tetap berhubungan dengan staf militer di garis depan. "Dia banyak berbicara di telepon dengan para jenderalnya, tetapi pembicaraan selalu fokus dan tenang," katanya.

Analis menyatakan fleksibilitas yang ditunjukkan oleh unit Ukraina dengan perwira junior yang mampu membuat keputusan di medan perang memberi mereka keuntungan yang cukup besar atas struktur pengambilan keputusan berat tentara Rusia.

Beberapa sumber di militer Ukraina bahkan lebih jauh mengatakan bahwa para komandan yang menentukan di lapanganlah yang secara kolektif bertanggung jawab atas keberhasilan Ukraina. Zaluzhny seharusnya hanya dipuji karena memberi mereka kebebasan untuk beroperasi.

Misalnya, Zaluzhny muncul di pesta pernikahan seorang prajurit yang terpaksa menunda upacara karena dia dikirim ke garis depan di Bakhmut. Akhirnya prajurit itu diberi cuti singkat untuk mendapatkan kesempatan menikahi tunangannya.

5. Suka Bercanda dan Tidak Kaku

Jenderal yang menjabat panglima militer biasanya dikenal kaku dan orang yang tegah. Meskipun, Zaluzhny sudah dikenal sebagai komandan yang ambisius dan modern, tetapi juga seorang pria bersahaja yang suka bercanda dengan bawahannya dan tidak mengudara.

Panglima menjadi pahlawan nasional, meski jarang terlihat di depan umum dan bahkan lebih jarang menyetujui wawancara.

Namanya menjadi identik dengan keberanian dan tekad, dan reputasinya melahirkan anekdot dan pergantian frase.

"Ketika Zaluzhny masuk ke ruangan yang tidak terang, dia tidak menyalakan lampu, dia mematikan kegelapan," demikian salah satu kalimat tersebut.

6. Berbagi Tugas dengan Presiden Zelensky

7 Inisiatif Panglima Militer Ukraina Valery Zaluzhny dalam Perang Melawan Rusia

Foto/Reuters

Saat perang berlangsung, Presiden Zelensky memainkan peran kunci dalam menjaga moral masyarakat Ukraina melalui pidato malamnya. Dia mendorong citra pemerintahan yang kuat sambil memberikan tekanan pada mitra asing untuk dukungan keuangan dan militer.

Tapi, fokus Zaluzhny adalah memperbaiki strategi militer.

7. Lebih Populer Dibandingkan Zelensky

Peringkat popularitas Zaluzhny sejajar dengan Zelensky. Banyak analis berspekulasi tentang kemungkinan keretakan di antara mereka.

Ada pembicaraan bahwa Zelensky mengganti Zaluzhny sebagai panglima militer atau bahkan Zaluzhny menantang kepemimpinan politik presiden.

Seorang sumber di pemerintahan kepresidenan mengatakan kepada BBC bahwa Presiden Zelensky tidak punya waktu untuk kecemburuan seperti itu karena dia 102% sibuk mendapatkan dukungan militer untuk Ukraina dari mitranya. Kedua pria itu tampak cukup senang membiarkan satu sama lain menyelesaikan pekerjaan mereka.

Jenderal Zaluzhny mengatakan kepada majalah Time pada Juni lalu bahwa dia tidak repot-repot menjelaskan kepada Zelensky semua detail kecil dari strategi militer. "Dia tidak perlu memahami urusan militer lebih dari yang dia perlu tahu tentang kedokteran atau pembangunan jembatan,” katanya.

Bahkan jika pertahanan Ukraina pada akhirnya berhasil, Ukraina akan menghadapi kenyataan pahit, sosiolog Oleksiy Antypovych memperingatkan, dan Zaluzhny dapat memilih untuk menghindari politik. "Sangat mungkin bahwa setelah perang Ukraina akan menghadapi krisis ekonomi yang parah, jika tidak benar-benar runtuh. Ini akan menjadi permainan bola yang sama sekali berbeda,” katanya.

Analis politik Mykola Davydiuk percaya bahwa jika panglima militer terjun ke dunia politik, dia mungkin berhasil. "Sementara Zelensky adalah seorang pemimpin yang tidak meninggalkan Ukraina, Zaluzhny adalah orang yang membela mereka. Itu adalah narasi organik baginya dan ada permintaan untuk itu di masyarakat kita,” ujarnya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)