Kapal Latih Angkatan Laut China Kunjungi Filipina

Rabu, 14 Juni 2023 - 19:15 WIB
loading...
Kapal Latih Angkatan Laut China Kunjungi Filipina
Kapal Latih Angkatan Laut China Kunjungi Filipina. FOTO/Net
A A A
MANILA - Sebuah kapal pelatihan Angkatan Laut China berlabuh di Filipina pada Rabu (14/6/2023). Ini merupakan kunjungan pelabuhan yang jarang terjadi, saat kedua negara tengah memperebutkan terumbu karang dan perairan di Laut China Selatan.

Tarian naga dan band kuningan menyambut kapal Qi Jiguang setinggi 165 meter di Manila untuk menandai perhentian terakhirnya dalam tur Asia Tenggara. Sebelumnya kapal itu telah menyambangi Vietnam, Thailand, dan Brunei.



“Ini kunjungan niat baik,” kata Duta Besar China untuk Filipina, Huang Xilian kepada wartawan, tanpa memberikan rincian, seperti dikutip dari AFP. Qi Jiguang berada di Manila hingga Sabtu (17/6/2023) dan akan dibuka untuk umum selama dua jam setiap hari.

Ditugaskan pada tahun 2017, kapal tersebut “menyampaikan konsep saling percaya tentang pembangunan damai China,”, seperti tertuang dalam selebaran yang dibagikan oleh awaknya kepada pengunjung.

Qi Jiguang, yang lebih besar dari kapal perang Filipina atau kapal penjaga pantai mana pun, adalah kapal Angkatan Laut China pertama yang mengunjungi Filipina sejak Ferdinand Marcos Jr. memenangkan kursi kepresidenan tahun lalu.

Marcos sendiri telah bersumpah bahwa Manila “tidak akan kehilangan satu inci pun” wilayahnya karena kegelisahan tumbuh di wilayah tersebut atas aktivitas maritim China.



Dia mengatakan pekan lalu bahwa hubungan antara Filipina dan China "berkembang" tetapi membantah dia menjauh dari Beijing. “Mengenai perbedaan antara China dan Filipina, memang ada, tapi itu bukan sesuatu yang akan menentukan hubungan kita,” tambah Marcos.

Pendekatannya yang lebih tegas kontras dengan pendahulunya Rodrigo Duterte, yang berusaha merayu kekuatan Asia untuk mengamankan kesepakatan infrastruktur dan investasi lainnya. Pemerintah Duterte menyambut beberapa kapal perang angkatan laut China ke Filipina selama masa jabatannya sebagai presiden dari 2016 hingga 2022.

Dia secara pribadi menginjakkan kaki di atas tiga kapal China termasuk kapal perusak dan fregat yang berlabuh di kampung halamannya di Kota Davao pada tahun 2017. Pada tahun 2019, tiga lagi kapal angkatan laut China, termasuk dua fregat rudal, disambut di Manila oleh Menteri Pertahanan Filipina saat itu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)