3 Fakta tentang Kekayaan Mantan PM Italia Silvio Berlusconi, Pembagian Waris Belum Jelas

Selasa, 13 Juni 2023 - 20:30 WIB
loading...
3 Fakta tentang Kekayaan Mantan PM Italia Silvio Berlusconi, Pembagian Waris Belum Jelas
Mantan PM Italia Silvio Berlusconi. Foto/Reuters
A A A
ROMA - Silvio Berlusconi, miliarder yang juga mantan perdana menteri Italia , telah meninggal dan meninggalkan kerajaan bisnis yang luas.

Bagaimana kekayaan Berlusconi, yang dibangun melalui kepemilikan beberapa perusahaan paling terkenal di Italia, termasuk klub sepak bola AC Milan yang sukses, akan dibagi di antara kelima anaknya masih belum jelas.

Indeks Bloomberg Billionaires menempatkan kekayaan bersih Berlusconi pada USD7,6 miliar.

Jadi, bagaimana perdana menteri terlama di Italia sejak Perang Dunia II—serta salah satu yang paling kontroversial—menghasilkan uangnya?

Berikut adalah 3 fakta tentang kekayaan mantan PM Berlusconi.

1. Penguasa Media

3 Fakta tentang Kekayaan Mantan PM Italia Silvio Berlusconi, Pembagian Waris Belum Jelas

Foto/Reuters

Perdana Menteri Italia empat kali menjadi PM pada usia 57 tahun. Namun, sebelum itu, ia mengumpulkan kekayaan sebagai pengembang properti di akhir 1960-an, sebelum mengukir namanya sebagai taipan media.

Pada 1970-an, dia mendiversifikasi minatnya dengan mendirikan perusahaan kabel TV, Telemilano, dan membeli dua saluran kabel lainnya di Italia.

Pada 1978, saluran televisi kabel dimasukkan ke dalam perusahaan induk keluarga yang baru dibentuknya, Fininvest. Melalui Fininvest, Berlusconi memperoleh saham besar di beberapa perusahaan media besar Eropa, serta AC Milan.

Reuters melaporkan, Berlusconi memiliki 61,3% saham di perusahaan induk pada akhir 2021.

Fininvest adalah pemegang saham terbesar MediaForEurope — sebelumnya bernama Mediaset (MDIUY) — dengan 48% saham. Stasiun televisi , yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD1,7 miliar juga mengoperasikan saluran TV komersial di Italia dan Spanyol, dan memiliki saham besar di ProSiebenSat.1 di Jerman. Fininvest juga memegang 53% saham di Mondadori, penerbit buku dan majalah terbesar di Italia.

Fininvest menjual AC Milan dengan harga 796 juta yang dilaporkan pada tahun 2017 setelah 31 tahun kepemilikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)