6 Fakta Terkait Kuba, Negara yang Diduga Menjadi Tempat China Memata-matai AS

Senin, 12 Juni 2023 - 19:11 WIB
loading...
6 Fakta Terkait Kuba, Negara yang Diduga Menjadi Tempat China Memata-matai AS
Warga berjalan di pusat kota Havana, Kuba. Foto/REUTERS
A A A
HAVANA - Kuba disebut-sebut menjadi tempat China mengoperasikan mata-mata untuk Amerika Serikat (AS). Seorang pejabat Gedung Putih bahkan menyebut kegiatan ini telah berlangsung sejak bertahun-tahun lalu.

Kabar ini sebelumnya mencuat setelah laporan Wall Street Journal yang menyebut Beijing berencana membangun pangkalan mata-mata di Kuba. Sempat menghebohkan publik, klaim tersebut dibantah langsung oleh pemerintah Kuba sendiri.

Terlepas dari benar atau tidaknya klaim terkait mata-mata yang ditempatkan, Kuba menjadi salah satu negara yang cukup menarik. Berikut sejumlah fakta terkait Kuba yang mungkin belum diketahui.

Fakta Terkait Negara Kuba

1. Punya Sejarah Panjang


Sejarah Kuba bermulai dari kedatangan Christopher Columbus sekitar tahun 1492. Setelahnya, bangsa Spanyol memulai penaklukannya bersama Diego de Velazquez secara bertahap.

Selama diduduki Spanyol, mulai banyak penduduk asing dan budaya baru yang masuk ke Kuba. Tak hanya para budak yang didatangkan dari negara Afrika, orang-orang baru ini juga termasuk bangsa Eropa lain yang memiliki kepentingan.

Mengutip laman Local Histories, setelah sekian lama dikuasai Spanyol, kesadaran Kuba untuk merdeka mulai muncul. Hal ini menjadi awal dari serangkaian perang kemerdekaan bangsa Kuba untuk meraih kedaulatannya.

Perjuangan Kuba merebut kebebasannya ini bermula sekitar 1868. Kala itu, seorang tuan tanah bernama Carlos Manuel de Cespedes membebaskan para budaknya. Hal ini mendorong perlawanan meski pada akhirnya harus berakhir dengan kekalahan.

Angin segar datang ketika Amerika Serikat mulai berkonfrontasi dengan Spanyol sekitar tahun 1898. Saat itu, AS berhasil menang dan membuat Negeri Matador menyerah tak lama setelahnya.

2. Pernah Dikuasai oleh Amerika Serikat


Setelah kalah perang dari Amerika Serikat, Spanyol melepaskan kedaulatan atas Kuba. Tercatat, pasukan AS menduduki Kuba hingga tahun 2002.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0893 seconds (0.1#10.140)