7 Kebijakan Mohammed bin Salman untuk Mewujudkan Ambisi Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Senin, 12 Juni 2023 - 13:11 WIB
loading...
A A A
Fakta bahwa ini akan menjadi peringatan 100 tahun Piala Dunia pertama – yang diselenggarakan oleh Uruguay pada tahun 1930 – tidak akan merusak peluang mereka.

Meski begitu, jurnalis Majid al-Khulaifi, yang mewawancarai Presiden FIFA Gianni Infantino di Qatar, percaya bahwa Arab Saudi memiliki peluang bagus untuk menang. Dia menunjuk pada proses, di mana semua 211 anggota FIFA mendapatkan suara dalam pemilihan terbuka.

"Merupakan pilihan cerdas untuk memilih Yunani dan Mesir sebagai penyelenggara," katanya, mencatat bahwa Mesir memiliki ikatan yang kuat di Afrika dan dunia Arab. Selain itu, katanya, tawaran bersama sebagai lawan dari satu negara tampaknya sejalan dengan tujuan Infantino "untuk menyebarkan permainan lebih jauh."

Tidak peduli siapa yang memenangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030, mereka harus memiliki banyak kekuatan finansial – dan pengaruh. Arab Saudi telah menunjukkan bahwa ia memenuhi persyaratan tersebut.

5. Mendekati FIFA

Kabar sejak Mei 2021 di mana Saudi tertarik menjadi penyelenggara Piala Dunia pada 2030 disambut baik presiden FIFA Gianni Infantino. Meskipun, gagasan tersebut mendapat tentangan keras, terutama dari UEFA, Komite Olimpiade Internasional, dan federasi Amerika Selatan, CONMEBOL, yang pada akhirnya membuat Infantino membatalkan gagasan tersebut untuk saat ini.

Tapi saat Piala Dunia 2022 di Qatar berakhir, presiden FIFA melontarkan gagasan untuk menggelar Piala Dunia pria setiap tiga tahun.

Pada Maret 2022, Infantino mengunjungi Arab Saudi untuk bertemu dengan Mohammed bin Salman, Menteri Olahraga, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal, dan Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi, Yasser Al-Mishal “untuk meninjau bidang kerja sama dan peluang potensial untuk pengembangan lebih lanjut sepak bola Saudi.”

Pada Agustus 2022, Infantino menghadiri pertarungan gelar tinju kelas berat antara Oleksandr Usyk dan Anthony Joshua di Stadion King Abdullah Sports City di Jeddah. Infantino bukan hanya pengunjung di kerumunan tetapi duduk tepat di sebelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman, menggarisbawahi hubungan dekat antara Presiden FIFA dan kepala negara de facto Arab Saudi.


6. Mendatangkan Pemain Mahal

7 Kebijakan Mohammed bin Salman untuk Mewujudkan Ambisi Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Foto/Reuters

Saudi Public Investment Fund (PIF) membeli 80% saham di Newcastle pada 2021 menunjukkan minat Riyadh yang paling jelas terhadap olahraga dari perspektif Inggris.

Ada investasi besar yang dilakukan untuk membawa beberapa bintang top dunia ke Arab Saudi. Cristiano Ronaldo bergabung dengan Al Nassr pada bulan Januari 2023. Mantan rekan setimnya di Real Madrid Karim Benzema menyelesaikan kepindahannya ke Al Ittihad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)