7 Kebijakan Mohammed bin Salman untuk Mewujudkan Ambisi Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Senin, 12 Juni 2023 - 13:11 WIB
loading...
A A A
"Mesir juga memiliki pengalaman menjadi tuan rumah acara besar seperti itu," tegas Abbas, mengacu pada fakta bahwa negara berpenduduk 100 juta orang itu telah menjadi tuan rumah Piala Afrika pada 2019.

Ambisi Mesir untuk menjadi tuan rumah acara olahraga yang lebih besar dilambangkan oleh ibu kota administratif baru negara itu, yang belum disebutkan namanya, yang saat ini sedang dibangun sekitar 50 kilometer (31 mil) timur Kairo. Proyek ini mencakup kompleks olahraga yang diharapkan Mesir akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Stadion utama yang hampir selesai memiliki kapasitas sekitar 94.000 penonton, menjadikannya yang terbesar kedua di Afrika. Jadi, rintangan terbesar untuk tawaran Piala Dunia mungkin bukan organisasi, tapi kebanggaan Mesir.

3. Siap Membangun Stadion Baru di Mesir dan Yunani

7 Kebijakan Mohammed bin Salman untuk Mewujudkan Ambisi Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Foto/Reuters

"Arab Saudi akan menjadi tuan rumah sebagian besar pertandingan Piala Dunia," kata Majid al-Khulaifi, pemimpin redaksi surat kabar Stadion Doha Qatar, mengacu pada kekuatan keuangan yang berbeda dari ketiga negara tersebut.

Dengan kata lain, Mesir, akan menjadi mitra junior, seperti Kanada dan Meksiko sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2026, yang sebagian besar akan berlangsung di Amerika Serikat.

Melansir Politico, Arab Saudi menawarkan untuk membiayani pembangunan stadion olahraga baru di Yunani dan Mesir jika mereka setuju untuk bekerja sama dengan negara Teluk yang kaya minyak itu dalam upaya bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola 2030. Sebagai gantinya, Saudi akan mencapai tiga perempat dari semua pertandingan, di bawah kesepakatan yang diusulkan.

Tawaran dramatis – kemungkinan bernilai miliaran euro untuk biaya konstruksi – dibahas dalam percakapan pribadi antara Mohammed bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi, dan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis, pada musim panas 2022.

Seorang pejabat senior kedua yang mengetahui diskusi pribadi tentang tawaran tersebut mengatakan kepada POLITICO bahwa Arab Saudi siap untuk “menanggung sepenuhnya biaya” menjadi tuan rumah bagi Yunani dan Mesir, tetapi 75% dari turnamen besar 48 tim itu sendiri akan diadakan di Teluk.

Namun, Tidak jelas apakah tawaran itu diambil. Namun ketiga negara tersebut sekarang sedang mengerjakan proposal bersama untuk menjadi tuan rumah turnamen 2030, sebuah langkah yang memicu reaksi balik terhadap Yunani.

4. Siap Bersaing dengan Negara Amerika Latin

7 Kebijakan Mohammed bin Salman untuk Mewujudkan Ambisi Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Foto/Reuters

Jika Arab Saudi, Mesir dan Yunani melanjutkan dan meluncurkan penawaran bersama, mereka akan menghadapi persaingan ketat dari Amerika Selatan. Mantan juara Piala Dunia Argentina, Uruguay, Cile, dan Paraguay telah mengumumkan tawaran bersama mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)