7 Kebijakan Mohammed bin Salman untuk Mewujudkan Ambisi Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Senin, 12 Juni 2023 - 13:11 WIB
loading...
7 Kebijakan Mohammed bin Salman untuk Mewujudkan Ambisi Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman ingin menjadikan negaranya menjaid tuan rumah Piala Dunia 2030. Foto/Reuters
A A A
JEDDAH - Setelah Qatar sukses menggelar Piala Dunia, Kini Arab Saudi berambisi menjaid tuan rumah Piala Dunia 2030. Itu juga bertujuan untuk menyukseskan Visi 2030 dan menjadikan negara itu sebagai pusat perdagangan dan pariwistaa di Timur Tengah.

Menyelenggarakan Piala Dunia akan menjadi puncak dari strategi ambisius Arab Saudi untuk mendominasi acara olahraga besar. Keberhasilan termasuk memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah pertandingan tinju kejuaraan dunia, sepak bola Eropa dan balapan motor Formula Satu, sekaligus membuat tur golf sendiri.

Namun keinginan Arab Saudi untuk menggelar Piala Dunia melampaui alasan gensi olahraga di mata dunia.

“Arab Saudi secara strategis mencoba untuk memposisikan dirinya sebagai pusat AfroEurasia – pusat tatanan dunia baru,” kata Simon Chadwick, profesor ekonomi olahraga dan geopolitik di Business School Skema di Paris, dilansir Politico. “Posisi ini akan memungkinkan Arab Saudi untuk mengerahkan kekuatan dan pengaruh yang signifikan di wilayah geografis yang luas, yang ingin dicapai dengan membangun hubungan dengan mitra utama.”

Chadwick mengatakan, pertunjukan sepak bola multipolar Piala Dunia dengan Mesir dan Yunani bukanlah altruisme atau kemurahan hati. Sebaliknya, itu akan menjadi bagian dari rencana yang lebih luas, yang dimungkinkan oleh pemerintah di Riyadh melalui potensi pemberian stadion.

Namun demikian, langkah Saudi untuk menjadi tuan rumah turnamen tersebut telah penolakan pengawas hak asasi manusia, yang menunjukkan perlakuan buruk pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dan tekanan komunitas LGBTQ+ serta pekerja migran.

“Represi terhadap Arab Saudi seharusnya tidak dibalas dengan Piala Dunia,” kata Minky Worden, direktur inisiatif global di Human Rights Watch. “Selama Arab Saudi mendiskriminasikan orang-orang LGBT dan menghukum perempuan karena aktivis hak asasi manusia, dan tidak memiliki perlindungan bagi buruh migran yang akan membangun sebagian besar stadion dan fasilitas baru, negara tersebut tidak dapat memenuhi persyaratan hak asasi manusia yang sudah ditetapkan FIFA.”

Tak patah semangat, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman memiliki strategi jitu untuk menyukseskan agar negaranya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Berikut adalah 7 strategi kebijakan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman menyukseskan agar negaranya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

1. Mendekati Yunani

7 Kebijakan Mohammed bin Salman untuk Mewujudkan Ambisi Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Foto/Reuters

Arab Saudi sedang mendekati Yunani untuk tawaran bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Menurut laporan media, Riyadh menawarkan untuk menutupi biaya konstruksi yang diperlukan, meskipun tetapi masih jauh dari kesepakatan.

Kenapa perlu menggandeng Yunani ?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)