Ukraina Bebaskan Tiga Desa di Wilayah Donetsk

Senin, 12 Juni 2023 - 07:26 WIB
loading...
Ukraina Bebaskan Tiga Desa di Wilayah Donetsk
Ukraina mengatakan berhasil membebaskan tiga desa di wilayah Donetsk. Foto/The Guardian
A A A
KIEV - Ukraina mengatakan telah membebaskan tiga desa di sebelah tenggara. Ini adalah kemenangan pertama Kiev dalam serangan balasannya.

Rekaman di media sosial menunjukkan pasukan Ukraina merayakan keberhasilan mereka di permukiman Blahodatne dan Neskuchne di wilayah Donetsk.

Dalam rekaman yang dibagikan oleh akun pro-Ukraina di media sosial, terlihat tentara mengibarkan bendera Ukraina di luar gedung yang terbakar di Blahodatne.

Dan penjaga perbatasan negara menerbitkan video yang menunjukkan pasukan Kiev mengumumkan bahwa Neskuchne dari wilayah Donetsk berada di bawah bendera Ukraina lagi, sebelum meneriakkan seruan perang standar "Kemuliaan bagi Ukraina," seperti dilansir dari BBC, Senin (12/6/2023).

Sementara itu, Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengklaim dalam video Telegram bahwa pasukan Ukraina juga telah merebut desa Makarivka.

Seorang juru bicara militer mengatakan kemenangan itu adalah kemenangan lokal pertama dari serangan balasan.

Sementara perebutan tiga desa menandai kemajuan terbesar dalam beberapa hari terakhir, permukimannya relatif kecil. Blahodatne memiliki populasi sebelum perang hanya 1.000 penduduk.

Desa tersebut, yang telah menjadi pusat pertempuran sengit dalam beberapa hari terakhir, terletak di jalan menuju kota Mariupol, dan beberapa analis memperkirakan bahwa Ukraina dapat berusaha untuk merebut kembali kota pelabuhan tersebut dalam beberapa bulan mendatang.

Yang lain berspekulasi bahwa Kiev ingin memutuskan jembatan darat antara Crimea yang diduduki dan Donetsk, mengisolasi pasukan Rusia di semenanjung itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)