Kuba Tepis Laporan China Bangun Pangkalan Mata-mata Rahasia

Jum'at, 09 Juni 2023 - 17:56 WIB
loading...
A A A
Brigadir Jenderal Patrick Ryder, juru bicara departemen pertahanan AS, mengatakan: "Kami tidak mengetahui China dan Kuba mengembangkan stasiun mata-mata jenis baru."

Sebelumnya dalam laporan eksklusuf, surat kabar yang berbasis di New York itu menggambarkan perjanjian rahasia bagi China untuk mendirikan fasilitas penyadapan elektronik di Kuba.

Mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya yang akrab dengan "intelijen sangat rahasia", artikel itu mengatakan pangkalan yang diusulkan itu akan memungkinkan China untuk melakukan "sinyal intelijen", semacam spionase yang memungkinkannya mencegat email, panggilan telepon, dan data lain dari AS.

Wall Street Journal melaporkan fasilitas itu akan memungkinkan Beijing untuk mengumpulkan komunikasi elektronik dari AS tenggara, yang menampung banyak pangkalan militer AS, serta memantau lalu lintas kapal.

Markas Komando Pusat AS berbasis di Tampa. Fort Liberty, sebelumnya Fort Bragg, pangkalan militer AS terbesar, berada di North Carolina.

Wall Street Journal mengatakan pada prinsipnya kesepakatan telah dicapai dengan Beijing setuju untuk membayar Kuba "beberapa miliar dolar" untuk mendirikan fasilitas tersebut.



Dengan jarak Kuba kira-kira 150 kilometer dari pantai Florida, laporan tersebut mengirimkan riak melalui lingkungan politik AS, terutama di sayap kanan.

“Bulan ini saja, China telah melecehkan dan mengancam jet tempur dan kapal angkatan laut AS. Sekarang, itu menempatkan basis mata-mata di Kuba,” tulis calon presiden dari Partai Republik Nikki Haley di Twitter.

Perwakilan Ohio Jim Jordan menggemakan kemarahannya, menyalahkan Presiden AS Joe Biden dan mengaitkan berita tersebut dengan insiden awal tahun ini yang diidentifikasi intelijen AS sebagai balon mata-mata China yang melintasi wilayah udaranya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)