Ukraina-Rusia Saling Tuding Serang Proses Evakuasi Korban Bendungan Jebol

Kamis, 08 Juni 2023 - 21:11 WIB
loading...
Ukraina-Rusia Saling Tuding Serang Proses Evakuasi Korban Bendungan Jebol
Ukraina-Rusia saling tuding serang proses evakuasi korban bendungan jebol. Foto/Al Jazeera
A A A
KIEV - Ukraina dan Rusia kembali terlibat saling tuding, kali ini terkait evakuasi korban hancurnya bendungan Nova Kakhovka di kota Kherson. Baik Rusia dan Ukraina saling menuduh melakukan penembakan saat evakuasi berlanjut di wilayah Kherson selatan Ukraina setelah bendungan Nova Kakhovka runtuh.

Sebagaimana diketahui, wilayah Kherson yang berada di sebelah selatan Ukraina dilanda banjir akibat hancurnya bendungan Nova Kakhovka.

Kementerian Dalam Negeri Ukraina melaporkan bahwa pasukan Rusia menembaki tempat evakuasi di kota Kherson. Kementerian itu mengatakan tiga orang terluka dalam penembakan itu terdiri dari seorang wanita sipil, seorang petugas polisi dan seorang anggota tim penyelamat.

“Semua diberikan bantuan yang diperlukan. Penembakan dimulai saat evakuasi warga yang rumahnya kebanjiran,” kata kementerian itu dalam sebuah postingan di Telegram pada hari Kamis (8/6/2023) yang dilansir dari CNN.



“Rusia telah membuat orang-orang dalam kesulitan di wilayah pendudukan Kherson. Dan itu terus mencegah Ukraina menyelamatkan yang paling berharga - nyawa manusia,” tambahnya.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim bahwa petugas penyelamat Ukraina telah ditembak oleh pasukan Rusia setelah dia mengunjungi wilayah itu Kamis.

"Ketika pasukan kami mencoba mengeluarkan mereka (penduduk), mereka ditembak oleh penjajah dari kejauhan," katanya kepada outlet Jerman Bild.

Seorang sukarelawan yang mengambil bagian dalam upaya penyelamatan di Kherson mengatakan kepada CNN bahwa petugas penyelamat menghadapi tembakan Rusia, sementara administrasi militer regional Ukraina di Kherson mengatakan Rusia menembaki wilayah yang masih berada di bawah kendalinya.

Sementara itu Kremlin mengklaim petugas penyelamat korban banjir di daerah Kherson yang didudukinya berada di bawah tembakan Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2639 seconds (0.1#10.140)