Tank Leopard yang Diklaim Dihancurkan Rusia Diduga Traktor

Rabu, 07 Juni 2023 - 23:16 WIB
loading...
A A A
"Orang-orang Rusia telah merilis video di mana mereka mengklaim helikopter Ka-52 Rusia menyerang 'tank Leopard 2.' Hanya untuk beberapa alasan 'Leopard' ini lebih mirip traktor. Misalnya, John Deere 4830," tweet akun Special Kherson Cat, menambahkan gambar traktor.

“Kementerian Pertahanan (Rusia) mengklaim penghancuran tank Leopard 2 Ukraina selama serangan balasan baru-baru ini – mencapai tingkat baru. Kendaraan yang ditargetkan oleh ATGM dari Ka-52 tidak hanya tidak menyerupai tank tetapi sebenarnya adalah peralatan pertanian yang tidak bersalah - penyemprot & gabungan," tulis akun Ukraine Weapons Tracker seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (7/6/2023).

Saluran Telegram pro-Kremlin terkemuka juga melihat ketidakkonsistenan yang tampak, secara terbuka mengejek rekaman yang dipublikasikan.

"Apa itu di sana? Baiklah, mari kita pukul saja," tulis akun Milinfolive dengan lebih dari 500.000 pelanggan, bercanda.



“Percakapan yang sangat jelas antara kru pertempuran Ka-52, yang, karena buruknya kualitas sistem optoelektronik mereka, bahkan tidak dapat melihat apa yang mereka amati melalui teropong dan memutuskan untuk mencapai target 'untuk berjaga-jaga,' " lanjut postingan tersebut.

“Targetnya adalah penyemprot traktor pertanian, di mana rodanya terlihat jelas. Itu ditandai sebagai Leopard 2 Jerman dalam laporan kementerian," sambungnya.

"Ini memalukan di luar dugaan. Maaf," penulis menyimpulkan.

Akun lain, seperti Rybar, yang diduga memiliki hubungan dengan aparat keamanan Rusia, kurang memberatkan dalam penilaian mereka, menyimpulkan bahwa meskipun video tersebut kemungkinan menyesatkan, kesalahan seperti itu terjadi dalam perang apa pun, dan menyalahkan humas kementerian untuk kecelakaan itu.

Sementara Newsweek tidak dapat secara independen dan meyakinkan mengidentifikasi kendaraan yang dihantam dalam video tersebut, analisis independen dan konsensus nyata di kedua sisi konflik sangat mendukung anggapan bahwa itu memang peralatan pertanian dan bukan tank Leopard 2.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)