Tank Leopard yang Diklaim Dihancurkan Rusia Diduga Traktor

Rabu, 07 Juni 2023 - 23:16 WIB
loading...
Tank Leopard yang Diklaim Dihancurkan Rusia Diduga Traktor
Tank Leopard yang diklaim dihancurkan Rusia diduga sebuah traktor. Foto/Daily Mail
A A A
MOSKOW - Media Rusia merilis sebuah video yang dimaksudkan untuk menunjukkan hancurnya sebuah tank Leopard buatan Jerman di sebuah lapangan di Ukraina . Video itu dirilis tak lama setelah Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan telah berhasil menghancurkan beberapa tank dan kendaraan lapis baja yang dipasok Barat dalam upayanya untuk menghentikan serangan balasan Kiev.

Namun, klaim tersebut tampaknya dibantah oleh komunitas "milblogger" Rusia sendiri setelah beberapa wartawan melihat kendaraan dalam klip tersebut sangat mirip dengan traktor dan pemanen gabungan buatan Amerika Serikat (AS).

Newsweek Misinformation Watch menilai klaim, klaim balik, dan berbagai analisis OSINT untuk menentukan fakta di balik rekaman tersebut.

Seperti diketahui, pada hari Selasa, Kementerian Pertahanan Rusia dalam pembaruan hariannya mengatakan bahwa sehari sebelumnya, rezim Kiev mencoba melakukan serangan ke tujuh arah dengan lima brigade, dan mencatat kerugian musuh yang diklaim.

"Ini termasuk lebih dari 1.600 tentara, 28 tank, termasuk 8 tank Leopard dan 3 tank beroda AMX-10, 136 kendaraan militer lainnya, termasuk 79 yang diproduksi asing," menurut pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.



Pada hari yang sama, Ukraina mengatakan pasukan Rusia kehilangan 37 sistem artileri dan 13 tank dalam satu hari.

Sementara tidak ada kementerian yang memberikan bukti untuk mendukung klaim tersebut, pada hari Selasa outlet media milik negara Rusia RIA Novosti menerbitkan rekaman yang, katanya, menunjukkan penghancuran kendaraan bersenjata asing, termasuk tank Leopard.

Laporan dugaan kerugian dengan cepat diambil oleh akun media sosial pro-Rusia, tetapi pertanyaan segera mulai muncul tentang kebenaran klaim terkait sekitar rekaman tersebut.

Alih-alih tank Jerman, menurut analisis OSINT, serangan helikopter Ka-52 Rusia tampaknya telah meledakkan sejumlah kendaraan pertanian buatan AS, termasuk traktor penyemprot John Deere 4830 dan pemanen gabungan John Deere 9000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)