Tugendhat: China Tutup Kantor Polisi Tak Resmi di Seluruh Inggris

Rabu, 07 Juni 2023 - 17:45 WIB
loading...
Tugendhat: China Tutup Kantor Polisi Tak Resmi di Seluruh Inggris
Ilustrasi
A A A
LONDON - Menteri Keamanan Inggris , Tom Tugendhat mengatakan pada Selasa (6/6/2023), China telah menutup "kantor layanan polisi" yang dilaporkan di situs-situs di seluruh Inggris. Ia juga mengungkapkan, penyelidikan tidak mengungkapkan aktivitas ilegal apa pun oleh China di situs-situs ini.

Inggris sebelumnya mengatakan, laporan tentang kantor polisi yang tidak diumumkan di negara itu "sangat memprihatinkan" dan setiap intimidasi di tanah Inggris terhadap warga negara asing oleh China atau negara bagian lain tidak dapat diterima.



China membantah mengoperasikan stasiun semacam itu dan mengeluarkan pernyataan yang menentang pernyataan Tugendhat melalui kedutaannya di London. Beijing mengatakan, tuduhan menjalankan pos polisi di Inggris adalah "kebohongan politik yang lengkap."

“Polisi Inggris telah menyelidiki klaim yang dibuat oleh organisasi hak asasi manusia non-pemerintah Safeguard Defenders, bahwa kantor polisi semacam itu beroperasi di tiga lokasi di Inggris,” kata Tugendhat dalam pernyataan tertulis kepada parlemen.

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa mereka, hingga saat ini, belum mengidentifikasi bukti aktivitas ilegal atas nama negara China di seluruh situs ini,” lanjutnya, seperti dikutip dari Reuters.

“Kami menilai bahwa pengawasan polisi dan publik memiliki dampak yang menekan pada setiap fungsi administratif yang mungkin dimiliki situs-situs ini,” tambah Tugendhat.



Pemerintah China sebelumnya mengatakan ada pusat-pusat di luar China yang dijalankan oleh sukarelawan lokal, bukan petugas polisi China. Kantor ini bertujuan untuk membantu warga China memperbarui dokumen dan menawarkan layanan lainnya.

Pemerintah Inggris mengatakan mengetahui sekitar 100 stasiun semacam itu di seluruh dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)