Mengenal Keluarga Curie, Peraih Nobel Terbanyak di Dunia

Sabtu, 25 Juli 2020 - 19:34 WIB
loading...
Mengenal Keluarga Curie, Peraih Nobel Terbanyak di Dunia
Selain tercatat sebagai pasangan suami istri pertama yang meraih hadiah Nobel, keluarga Curie juga mencetak sejarah unik yakni sebagai keluarga terbanyak peraih Nobel. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
SELAIN tercatat sebagai pasangan suami istri pertama yang meraih hadiah Nobel , keluarga Curie juga mencetak sejarah unik yakni sebagai keluarga terbanyak peraih Nobel .

Dalam keluarga Curie ada 5 anggota keluarganya yang dianugerahi 4 hadiah Nobel. Berikut faktanya. (Baca juga: 10 Ilmuwan Wanita Terpopuler Sepanjang Sejarah)

1. Pierre Curie dan Marie Curie, suami-istri pertama peraih nobel

Mengenal Keluarga Curie, Peraih Nobel Terbanyak di Dunia


Dalam sejarah hadiah Nobel, adanya suami-istri yang mendapatkan penghargaan Nobel bukanlah sebuah kejadian yang langka. Namun yang membuat suami-istri Curie menjadi istimewa adalah keduanya merupakan yang pertama meraih prestasi tersebut.

Pierre dan Marie (bersama dengan Henri Becquere) mendapatkan Nobel Fisika tahun 1903 untuk penelitian mereka tentang fenomena radiasi. Selain menjadi pasangan suami-istri pertama yang meraih Nobel, Marie juga menjadi perempuan pertama yang mendapatkan hadiah Nobel. Unsur kimia bernomor atom 96 diberi nama Curium (Cm) untuk menghormati dan mengenang jasa keduanya di bidang radioaktivitas. (Baca juga: Susul UEA, China Luncurkan Misi Penjelajah Mars Tianwen-1)

2. Marie Curie, perempuan pertama dan satu-satunya yang mendapat dua Nobel

Mengenal Keluarga Curie, Peraih Nobel Terbanyak di Dunia


Pada 19 April 1906, Pierre Curie meninggal dalam sebuah kecelakaan. Marie sangat terpukul dengan kejadian tersebut. Namun hal tersebut juga membuatnya terpacu untuk melakukan penelitian lagi sebagai bentuk penghargaan untuk suaminya.

Marie melakukan penelitian di University of Paris dan Radium Institute (sekarang bernama Curie Institute). Pada 1910, Marie berhasil mengisolasi logam radium murni. Kontribusinya terhadap penelitian radioaktif dan studi mengenai polonium dan radium membuatnya kembali memperoleh Hadiah Nobel Kimia 1911. (Baca juga: 5 Perempuan Inspiratif yang Membawa Perubahan, Marilyn Monroe Salah Satunya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)