Bendungan Kherson Hancur, Ukraina-Rusia Saling Menyalahkan

Selasa, 06 Juni 2023 - 15:21 WIB
loading...
Bendungan Kherson Hancur, Ukraina-Rusia Saling Menyalahkan
Ukraina dan Rusia saling menyalahkan terkait kehancuran bendungan Nova Kakhovka di Kherson. Foto/CNN
A A A
KIEV - Ukraina dan Rusia saling menyalahkan terkait hancurnya bendungan Nova Kakhovka di Kherson yang mengancam nyawa ribuan warga. Militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia yang telah meledakkan bendungan besar di Ukraina selatan itu, sementara pejabat yang dipasang Moskow di kota Nova Kakhovka di bagian wilayah Kherson yang dikuasai Rusia menyalahkan penghancuran bendungan itu pada penembakan Ukraina.

Pembantu Presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, menuding Rusia menghancurkan bendungan Nova Kakhovka untuk memperlambat serangan, dengan mengakatan konsekuensinya menjadi bencana.

"Tujuan para teroris jelas - untuk menciptakan hambatan bagi tindakan ofensif angkatan bersenjata," kata Podolyak dalam sebuah tweet.

"Diwilayah yang luas, semua kehidupan akan musnah; banyak pemukiman akan hancur; kerusakan akan terjadi pada lingkungan," tambahnya seperti dilansir dari Al Jazeera, Selasa (6/6/2023).

Sementara itu badan intelijen Ukraina mengatakan pasukan Rusia melakukan hal itu dalam keadaan panik.

"Para penjajah meledakkan bendungan Waduk Kakhovka dengan panik - ini jelas merupakan tindakan terorisme dan kejahatan perang yang akan menjadi bukti di pengadilan internasional," kata badan intelijen Ukraina dalam sebuah pernyataan di Telegram.

Komando selatan Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan skala kehancuran sedang dinilai ketika administrasi militer Ukraina untuk wilayah Kherson meminta orang-orang untuk bersiap mengungsi dari desa-desa di tepi kanan Sungai Dnipro sebelum banjir yang diperkirakan terjadi.

“Tingkat air naik dan setiap orang yang berada di zona bahaya harus: Matikan semua peralatan listrik; mengambil dokumen dan hal-hal penting; merawat orang yang dicintai dan hewan peliharaan; ikuti instruksi penyelamat dan polisi,” kata administrasi Kherson di saluran pesan Telegramnya.

“Sekitar 16.000 orang berada di zona kritis di tepi kanan wilayah Kherson,” kata Oleksandr Prokudin, kepala administrasi militer Kherson, di media sosial, menambahkan bahwa sudah terjadi banjir di delapan area di sepanjang Sungai Dnipro.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengadakan pertemuan darurat dewan keamanan nasional negara itu setelah serangan di bendungan itu. Hal itu diungkapkan kata Oleksiy Danilov, sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)