Serang Belgorod, Milisi Anti-Putin Gunakan Senjata Bantuan NATO untuk Ukraina

Minggu, 04 Juni 2023 - 14:10 WIB
loading...
Serang Belgorod, Milisi Anti-Putin Gunakan Senjata Bantuan NATO untuk Ukraina
Milisi anti-Putin dilaporkan menggunakan peralatan dan senjata bantuan NATO untuk Ukraina. Foto/Telegraph
A A A
WASHINGTON - Media Amerika Serikat (AS), The Washington Post, melaporkan milisi anti-Moskow yang melancarkan serangan di Belgorod pekan lalu menggunakan setidaknya empat kendaraan taktis yang awalnya diberikan ke Ukraina oleh Amerika dan Polandia. Laporan itu mengutip pernyataan pejabat AS.

Kenyataan ini menimbulkan pertanyaan tentang penggunaan peralatan yang disediakan NATO secara tidak sengaja dan komitmen Kiev untuk mengamankan material yang dipasok oleh para pendukungnya.

"Tiga dari kendaraan Ranjau-Resistant Ambush Protected, juga dikenal sebagai MRAP, dibawa ke Rusia oleh para milisi disediakan oleh Amerika Serikat dan yang keempat berasal dari Polandia, menurut orang-orang yang akrab dengan temuan intelijen AS, yang belum pernah dilaporkan sebelumnya," tulis Washington Post, yang dipantau SindonewsMinggu (4/6/2023).

Sumber-sumber tersebut berbicara dengan syarat anonim untuk membahas masalah sensitif tersebut.

Dalam laporannya, Washington Post juga memverifikasi foto yang memperlihatkan para milisi anti-Kremlin membawa senapan yang dibuat oleh Belgia dan Republik Ceko serta setidaknya satu senjata antitank AT-4 yang umum digunakan di antara pasukan AS dan Barat.

Pejabat AS dan Barat bersikeras bahwa Ukraina dengan hati-hati melacak senjata bernilai miliaran dolar yang mengalir ke negara itu. Negara-negara pendukung Kiev sebagian besar juga melarang pasukan Ukraina menggunakan senjata dan peralatan Barat untuk menyerang wilayah Rusia.

Namun serangan ke wilayah Rusia yang terjadi baru-baru ini menggarisbawahi bagaiman material itu dapat berpindah tangan dengan cara yang tidak terduga, menciptakan tantangan pengawasan yang tampaknya ingin diakui oleh beberapa orang di Washington dan Kiev.



Setidaknya dua MRAP tampaknya telah direbut oleh pasukan Rusia setelah operasi tersebut, menurut citra yang diperiksa oleh Washington Post.

Ketika ditanya tentang penggunaan peralatan AS untuk serangan lintas batas, juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan: “Amerika Serikat tidak mendorong atau memungkinkan serangan di dalam Rusia. Kami telah memperjelas tentang bagaimana kami tidak mendukung penggunaan peralatan buatan AS yang digunakan untuk serangan di dalam Rusia, termasuk dengan Ukraina selama seminggu terakhir."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)