15 Negara Terkuat di Asia yang Paling Berkuasa di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Sabtu, 03 Juni 2023 - 07:55 WIB
loading...
15 Negara Terkuat di Asia yang Paling Berkuasa di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?
China menjadi negara terkuat di Asia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Asia akan menjadi masa depan dunia. Itulah kenapa dalam beberapa tahun kedepan, negara-negara terkuat di dunia akan muncul di Asia. Dominasi Eropa dan Amerika Serikat akan ditumbangkan oleh negara-negara di Asia.

Hingga ada julukan bahwa abad ke-21 sering disebut sebagai abadnya Asia. Menurut lembaga riset terkemuka di dunia, McKinsey, Asia bertanggung jawab atas lebih dari 50% pendapatan domestik bruto (PDB) global menjelang pertengahan abad ke-21.

Asia telah muncul sebagai kekuatan global yang signifikan di zaman modern, dengan pengaruh ekonomi, politik, dan budaya yang dirasakan di seluruh dunia. Sebagai benua terbesar di dunia, rumah bagi lebih dari 60% populasi dunia, dan dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. Akhirnya, Asia siap memainkan peran yang semakin signifikan dalam membentuk masa depan dunia.

Salah satu cara paling signifikan di mana Asia mendefinisikan abad ke-21 adalah melalui kekuatan ekonominya. Kawasan ini telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa dekade terakhir, didorong oleh negara-negara seperti China, India, Jepang, dan Korea Selatan.

Dalam banyak hal, Asia telah menjadi pusat manufaktur dunia, karena negara-negara seperti China, Vietnam, Taiwan memiliki pangsa terbesar dalam hasil manufaktur global. Di sektor manufaktur, keunggulan kompetitif terbesar di Asia ada di industri semikonduktor, dengan wilayah yang mencakup 75% industri manufaktur chip dunia.

Dalam hal kekuatan militer, Asia adalah rumah bagi empat dari lima militer paling kuat di dunia, dengan tiga di antaranya adalah kekuatan nuklir. Selain itu, dua dari lima anggota tetap dewan keamanan PBB dengan hak veto juga orang Asia, memusatkan kekuatan politik yang signifikan di benua itu.

Asia juga kuat secara budaya, dan merupakan rumah bagi banyak masakan, seni, dan filosofi yang populer secara global. China dikenal dengan Konfusianisme dan Taoisme, dua filosofi kuno yang dianggap luas di dunia.

Masakan China, dengan hidangan seperti Manchuria dan Chow Mein, juga ditemukan di menu restoran di seluruh dunia. India, seperti China, juga membanggakan soft power yang signifikan di seluruh dunia melalui sinema bollywood yang populer secara global, filosofi kuno seperti Buddhisme dan masakan India.

Perusahaan-perusahaan Asia memiliki kontribusi rata-rata USD19 triliun dalam ekonomi global setiap tahun. Perusahaan-perusahaan terkemuka ini termasuk Alibaba Group Holding Limited, Toyota Motor Corporationdan Baidu, Inc. Alibaba Group Holding Limited (NYSE:BABA) menguasai lebih dari separuh pasar ritel online di China, dan merupakan salah satu pasar perdagangan online terbesar di dunia, baik grosir maupun eceran. Toyota Motor Corporation adalah pabrikan mobil Jepang dengan pangsa pasar global sebesar 11,5% di industri otomotif. Terakhir, Baidu, Inc. adalah perusahaan teknologi China, dengan pangsa 65% di pasar mesin pencari negara tersebut pada tahun 2023.

Insider Monkey mendefinisikan 'negara paling kuat di Asia pada 2023' sebagai negara yang memiliki ekonomi besar, militer yang kuat, dan pengaruh politik yang signifikan. Negara terkuat itu berdasarkan hasil rata-rata peringkat mereka di antara mereka sendiri dalam ukuran PDB, kekuatan militer, dan pengaruh politik.

Untuk kekuatan militer, berdasarkan Global Firepower Index 2023, Sedangkan untuk pengaruh politik, yang kami rujuk ke CEO World Report 2021. Negara lintas benua seperti Rusia dan Turki untuk pertimbangan geopolitik dan geoekonomi, karena negara-negara ini lebih relevan dalam istilah ini untuk Asia daripada Eropa.

Berikut 15 negara terkuat di Asia yang akan terus berkembang menjadi kekuatan dunia.

15.Vietnam

15 Negara Terkuat di Asia yang Paling Berkuasa di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Foto/Reuters

Peringkat PDB: 18

Peringkat Indeks Global Firepower : 11

Peringkat CEO World Report: 15

Peringkat Rata-Rata: 14.6

Vietnam terletak di Asia Tenggara dan merupakan salah satu negara Asia terkuat pada 2023. Vietnam sering dianggap sebagai salah satu kekuatan manufaktur besar karena rantai pasokan bergeser dari China. Dalam hal ini, Vietnam diperkirakan akan melipatgandakan PDB-nya secara signifikan dalam 30 tahun ke depan.

Vietnam juga memiliki pengaruh politik yang cukup besar di seluruh dunia maupun di kawasan. Terakhir, negara mengoperasikan militer yang sangat besar. Terkait aset militer penting, militer Vietnam mengoperasikan 1.829 tank, 223 pesawat, dan 91 kapal angkatan laut.

14. Uni Emirat Arab (UEA)

Peringkat PDB: 13

Peringkat Indeks Global Firepower : 22

Peringkat CEO World Report: 8

Peringkat Rata-Rata: 14.3

Uni Emirat Arab sangat kuat dalam hal PDB dan pengaruh politik, semuanya berkat cadangan kekayaan minyaknya yang sangat besar. Ini memiliki 4% bagian dalam produksi minyak global, yang memberi negara pengaruh yang cukup besar dalam urusan global.

UEA mengoperasikan militer yang cukup besar untuk ukurannya. Secara angka, militer mengoperasikan 274 tank, 565 pesawat, termasuk 99 pesawat tempur, dan 49 kapal angkatan laut. UEA juga merupakan anggota OPEC yang berpengaruh.

13. Iran

Peringkat PDB: 19

Peringkat Indeks Global Firepower : 9

Peringkat CEO World Report: 14

Peringkat Rata-Rata: 14

Iran terletak di Asia Barat Daya, dan pada 2023 menjadi salah satu negara terkuat di Asia, terutama dalam hal kekuatan militer dan pengaruh politik di kawasan timur tengah. Perekonomian Iran sebagian besar didasarkan pada produksi minyak, dengan negara tersebut menyumbang 12% dari cadangan minyak global.

Iran juga memiliki militer terbesar ke-12 di dunia. Militernya mempunyai 3.000 rudal strategis, dengan beberapa rudal balistik antarbenua memiliki jangkauan maksimum 2.000 Kilometer. Beberapa aset militer lainnya termasuk lebih dari 4.000 tank, 541 pesawat, termasuk 196 pesawat tempur, dan 42 kapal angkatan laut.

12. Singapura

Peringkat PDB: 14

Peringkat Indeks Global Firepower : 15

Peringkat CEO World Report: 10

Peringkat Rata-Rata: 13

Singapura merupakan salah satu negara paling maju di Asia. Ini memiliki ekonomi berbasis pengetahuan yang sangat besar. Itu membuat Singapura berpengaruh dalam hal output global industri padat pengetahuan dan teknologi.

Singapura memiliki militer yang cukup besar, yang mengoperasikan 32 kapal angkatan laut, 248 pesawat, termasuk 100 pesawat tempur dan 170 tank pada tahun 2023.

11.Thailand

Peringkat PDB: 10

Peringkat Indeks Global Firepower : 14

Peringkat CEO World Report: 11

Peringkat Rata-Rata: 11.6

Thailand terletak di Asia Tenggara, dan memiliki PDB sebesar $0,5 miliar pada 2021. Selain pariwisata dan pertanian, manufaktur juga menyumbang bagian yang signifikan dalam perekonomian Thailand, dengan negara tersebut memperoleh 2% dari pangsa China yang hilang dari ekspor AS pada tahun 2019, sebagaimana dicatat oleh RaboBank. Thailand juga memiliki militer yang kuat, dengan 488 pesawat, termasuk 73 pesawat tempur, 587 tank, dan 62 kapal angkatan laut, pada tahun 2023.

10.Taiwan

Peringkat PDB: 9

Peringkat Indeks Global Firepower : 13

Peringkat Rata-Rata: 11

Taiwan merupakan salah satu ekonomi terkuat di Asia, dengan ukuran PDB mendekati USD1 triliun pada tahun 2023. Taiwan adalah pusat kekuatan semikonduktor dunia, dengan TSMC sendiri yang mengendalikan 60% pasar pengecoran global pada kuartal keempat pada 2022.

Taiwan juga sangat berinvestasi dalam keamanannya. Dalam hal aset utama militernya beroperasi, ada 737 pesawat, termasuk 285 jet tempur, lebih dari 1.000 tank, dan 75 kapal angkatan laut.

Taiwan juga merupakan penerima terbesar ketiga dari pangsa ekspor China yang hilang ke AS pada tahun 2019, di belakang Vietnam dan Meksiko, menerima 10% bagian dari rantai pasokan yang bergeser.


9. Israel

Peringkat PDB: 11

Peringkat Indeks Global Firepower : 10

Peringkat CEO World Report: 5

Peringkat Rata-Rata: 8.6

Israel merupakan salah satu negara terkuat di Asia pada 2023. Israel memiliki ekonomi berbasis pengetahuan yang sangat besar dan merupakan negara terdepan dalam hal penelitian dan pengembangan. Itu juga merupakan salah satu negara paling maju di bidang pertanian, dan setelah bencana pertanian yang membayangi, karena tanah yang terdegradasi dan populasi yang meningkat, Israel diperkirakan akan semakin berpengaruh di wilayah tersebut.

Israel berada pada posisi yang kurang menguntungkan dalam hal strategis karena negara yang dimusuhi banyak pihak. Karena itu, Israel memajukan kekuatan militernya. Israel memiliki 601 pesawat, dengan 241 di antaranya adalah pesawat tempur, termasuk armada lebih dari 30 pesawat tempur siluman F35 generasi kelima. Angkatan darat mengoperasikan lebih dari 2.000 unit tank, dan angkatan laut mengoperasikan 57 kapal.

8. Arab Saudi

Peringkat PDB: 8

Peringkat Indeks Global Firepower : 12

Peringkat CEO World Report: 6

Peringkat Rata-Rata: 8.6

Arab Saudi memiliki pangsa 11% dalam produksi minyak global, tertinggi kedua di dunia setelah AS. Itu juga merupakan anggota OPEC yang paling berpengaruh. Selain itu, Arab Saudi memiliki 45% utang publik AS di antara negara-negara Arab, memberikan pengaruh yang cukup besar dalam urusan global.

Arab Saudi juga dengan cepat memodernisasi militernya setelah perang yang sedang berlangsung di Yaman. Ini adalah salah satu dari 10 negara teratas yang paling banyak membelanjakan militer mereka sebagai bagian dari PDB mereka. Militer kerajaan mengoperasikan 897 pesawat, dengan 283 di antaranya adalah jet tempur, lebih dari 1.000 unit tank, dan 50 kapal angkatan laut.

7.Indonesia

15 Negara Terkuat di Asia yang Paling Berkuasa di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Foto/Reuters

Peringkat PDB: 6

Peringkat Indeks Global Firepower : 8

Peringkat CEO World Report: 12

Peringkat Rata-Rata: 8.6

Indonesia menjadi salah satu ekonomi terbesar di Asia. Perekonomiannya sangat terdiversifikasi ke dalam beberapa sektor seperti sumber daya alam, manufaktur, dan jasa, dan pada tahun 2022, ukuran PDB Indonesia mencapai USD1,38 triliun. Militer Indonesia juga besar, dengan 237 kapal angkatan laut, 314 unit tank, dan 466 pesawat militer.

6. Turki

Peringkat PDB: 7

Peringkat Indeks Global Firepower : 7

Peringkat CEO World Report: 9

Turki merupakan negara lintas benua yang terletak di persimpangan Asia dan Eropa. Menjadi anggota NATO dan G20, Turki memiliki andil yang signifikan dalam kekuatan global. Militernya mengoperasikan 1.065 pesawat, 2.229 tank, dan 71 kapal angkatan laut pada tahun 2023.

5. Korea Selatan

Peringkat PDB: 4

Peringkat Indeks Global Firepower : 4

Peringkat CEO World Report: 7

Peringkat Rata-Rata: 5

Korea Selatan adalah salah satu negara terkuat di Asia pada tahun 2023. Seperti Taiwan, Korea Selatan mendominasi industri chip dengan perusahaan seperti Samsung.

Selain memiliki ekonomi yang besar, Korea Selatan juga membanggakan militer yang kuat, dengan lebih dari 1.600 pesawat, termasuk 402 pesawat tempur, di mana lebih dari 40 di antaranya adalah pesawat tempur siluman F35 generasi kelima, 2.331 tank, dan 97 kapal angkatan laut, termasuk dua kapal induk helikopter.

4. Jepang

Peringkat PDB: 2

Peringkat Indeks Global Firepower : 6

Peringkat CEO World Report: 3

Peringkat Rata-Rata: 3.6

Jepang merupakan ekonomi terbesar ketiga di dunia, dan terbesar kedua di Asia. Namun, pertumbuhan ekonominya tetap lambat selama bertahun-tahun sejak jatuhnya harga aset di awal 90-an. Namun, Jepang tetap menjadi pemain kunci dalam urusan global, karena kekuatan ekonomi, militer, dan politiknya.

Militer Jepang mengoperasikan 1.451 pesawat, 217 di antaranya adalah jet tempur, termasuk armada F35 generasi kelima, lebih dari 1.000 unit tank, dan 77 kapal angkatan laut, termasuk 4 kapal induk helikopter. Jepang juga merupakan anggota G10, yang memungkinkan negara tersebut menjalankan kekuasaan yang signifikan atas urusan ekonomi global.

3. India

15 Negara Terkuat di Asia yang Paling Berkuasa di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Foto/Reuters

Peringkat PDB: 3

Peringkat Indeks Global Firepower : 3

Peringkat CEO World Report: 4

Peringkat Rata-Rata: 3.3

India adalah negara terkuat ketiga di Asia, dengan kombinasi kekuatan militer, ekonomi, dan politik. Pada tahun 2023, militer India mengoperasikan 2.210 pesawat, termasuk 577 jet tempur, hampir 5.000 tank, dan 200 kapal angkatan laut, termasuk 2 kapal induk, yang memungkinkan negara memproyeksikan kekuatan di samudra Hindia.

Dalam hal kekuatan politik, India merupakan anggota penting dalam BRICS dan QUAD. India juga memiliki sektor jasa yang sangat berkembang, menyumbang 47,5% dari PDB negara tersebut. India menerima 3% dari bagian China yang hilang dari ekspor AS pada 2019.

2. Rusia

Peringkat PDB: 5

Peringkat Indeks Global Firepower : 1

Peringkat CEO World Report: 2

Peringkat Rata-Rata: 2.6

Meskipun PBB mengklasifikasikan Rusia sebagai negara Eropa, 77% di antaranya berada di Asia dan negara tersebut sangat aktif dalam geopolitik dan geoekonomi Asia. Rusia memiliki militer terkuat di Asia, dan memiliki PDB terbesar kelima di wilayah tersebut. Itu juga salah satu negara paling maju dalam keamanan siber ofensif. Selain itu, Rusia adalah anggota tetap dewan keamanan PBB dengan hak veto, yang memungkinkan negara tersebut memiliki suara yang signifikan dalam urusan global. Rusia juga merupakan anggota penting BRICS.


1. China

15 Negara Terkuat di Asia yang Paling Berkuasa di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Foto/Reuters

Peringkat PDB: 1

Peringkat Indeks Global Firepower : 2

Peringkat CEO World Report: 1

Peringkat Rata-Rata: 1.3

China merupakan negara terkuat kedua di dunia setelah AS, dan terkuat di Asia. Ini memiliki ukuran PDB terbesar di kawasan ini dan negara ini dianggap sebagai pusat manufaktur dunia.

Bagian China dalam output industri padat pengetahuan dan teknologi global adalah 25% pada 2019, menjadikan negara ini sangat penting di kancah global dalam hal kemajuan teknologi.

Dalam hal aset militernya, militer China mengoperasikan hampir 5.000 tank, 388 kapal angkatan laut, termasuk dua kapal induk dan tiga kapal induk helikopter, dan lebih dari 3.000 pesawat, dengan lebih dari 1.000 pesawat tempur. China adalah anggota tetap dewan keamanan PBB lainnya dengan hak veto. Selain itu, ini adalah anggota BRICS yang berpengaruh.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)