Inggris dan AS Tuding Rusia Tembakan Proyektil dari Satelit Luar Angkasa

Jum'at, 24 Juli 2020 - 03:39 WIB
loading...
Inggris dan AS Tuding Rusia Tembakan Proyektil dari Satelit Luar Angkasa
Inggris dan AS menuding Rusia telah menembakan proyektol dari satelit luar angkasa. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
LONDON - Inggris menuduh Rusia telah mengancam penggunaan ruang angkasa secara damai setelah meluncurkan proyektil dengan karakteristik senjata selama uji satelit. Ini adalah pertama kalinya Kementerian Pertahanan Inggris menyebut aktivitas Rusia semacam ini.

"Kami prihatin dengan cara di mana Rusia menguji salah satu satelitnya dengan meluncurkan proyektil dengan karakteristik senjata," kata Kepala Direktorat Ruang Angkasa Inggris, Harvey Smyth.

“Tindakan semacam ini mengancam penggunaan ruang angkasa secara damai dan risiko yang menyebabkan puing-puing yang dapat menimbulkan ancaman bagi satelit dan sistem ruang angkasa tempat dunia bergantung," imbuhnya.

“Kami menyerukan Rusia untuk menghindari pengujian lebih lanjut," serunya.

"Kami juga mendesak Rusia untuk terus bekerja secara konstruktif dengan Inggris dan mitra lainnya untuk mendorong perilaku bertanggung jawab di luar angkasa," tukasnya seperti disitir dari Independent, Jumat (24/7/2020).

Amerika Serikat (AS) juga mengutuk tindakan itu, menggambarkan peristiwa itu sebagai uji coba senjata anti-satelit.

Menurut komando luar angkasa AS, Rusia menyuntikkan objek baru ke orbit dari satelit Cosmos 2543.

"Sistem satelit Rusia yang digunakan untuk melakukan uji senjata on-orbit ini adalah sistem satelit yang sama dengan yang kami kemukakan tentang awal tahun ini, ketika Rusia bermanuver di dekat satelit pemerintah AS," kata jenderal Jay Raymond, kepala operasi ruang angkasa Angkatan Udara AS.

"Ini adalah bukti lebih lanjut dari upaya berkelanjutan Rusia untuk mengembangkan dan menguji sistem berbasis ruang angkasa, dan konsisten dengan doktrin militer Kremlin yang diterbitkan untuk menggunakan senjata yang menahan AS dan sekutu aset ruang angkasa dalam bahaya," sambungnya.

AS juga menuduh Rusia melakukan uji coba rudal anti-satelit pada April lalu. (Baca: Diam-diam, Putin Uji Coba Rudal Anti Satelit )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)