Washington Kritik Kegagalan Peluncuran Satelit Korut, Adik Kim Jong-un: AS Munafik!

Jum'at, 02 Juni 2023 - 04:30 WIB
loading...
Washington Kritik Kegagalan Peluncuran Satelit Korut, Adik Kim Jong-un: AS Munafik!
Washington Kritik Kegagalan Peluncuran Satelit Korut, Adik Kim Jong-un: AS Munafik!. FOTO/Reuters
A A A
SEOUL - Saudara perempuan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un pada Kamis (1/6/2023) menuduh Amerika Serikat (AS) munafik dan bersikap "seperti gangster" karena mengkritik kegagalan peluncuran satelit mata-mata militer Korut. Ia juga bersikeras bahwa peluncuran yang berhasil akan dilakukan segera.

Seperti dilaporkan AP, Kim Yo Jong mengatakan, upaya Korut untuk memperoleh kemampuan pengintaian berbasis ruang angkasa adalah pelaksanaan yang sah dari hak kedaulatannya. Ia juga menyatakan kembali penolakan negara terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarangnya melakukan peluncuran apa pun yang melibatkan teknologi rudal balistik.



Komentarnya di media pemerintah datang sehari setelah roket yang membawa satelit gagal. Korut mengatakan, roket kehilangan daya dorong setelah pemisahan tahap dan jatuh di perairan lepas pantai barat Semenanjung Korea.

Washington, Korea Selatan, dan Jepang dengan cepat mengkritik peluncuran tersebut. Adam Hodge, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, mengatakan, Washington mengutuk keras peluncuran Korut karena menggunakan teknologi rudal balistik yang dilarang. AS juga menilai peluncuran itu meningkatkan ketegangan, dan berisiko mengganggu stabilitas keamanan di kawasan dan sekitarnya.

Dalam pernyataannya, Yo Jong secara singkat menyebutkan komentar Hodge, sebelum mengatakan bahwa AS “melepaskan omong kosong usang yang didorong oleh pemikirannya yang liar dan tidak normal”.

“Jika peluncuran satelit DPRK dikecam secara khusus, AS dan semua negara lain, yang telah meluncurkan ribuan satelit, harus dikecam. Ini tidak lain adalah sofisme kontradiksi diri,” kata Yo Jong.



Dia mencatat bagaimana AS memantau Korut dengan cermat melalui satelit pengintaiannya sendiri dan aset udara lainnya. Yo Jong menyebut AS sebagai "kelompok gangster" yang akan menganggapnya "ilegal dan mengancam" seandainya Korut berusaha mengirim satelit ke luar angkasa.

“Logika yang tidak masuk akal bahwa hanya DPRK yang tidak boleh melakukannya sesuai dengan 'resolusi' (Dewan Keamanan PBB) yang melarang penggunaan teknologi roket balistik terlepas dari tujuannya, meskipun negara lain melakukannya, jelas seperti gangster dan salah karena secara serius melanggar hak DPRK untuk menggunakan ruang dan menindasnya secara ilegal,” lanjut Yo Jong.

“Pasti satelit pengintai militer DPRK akan ditempatkan dengan benar di orbit luar angkasa dalam waktu dekat dan memulai misinya,” tambahnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)