4 Fakta Negara Serbia, Pecahan Yugoslavia yang Tengah Bersitegang dengan Kosovo

Kamis, 01 Juni 2023 - 15:01 WIB
loading...
A A A

3. Punya Gunung Berbentuk Piramida


Berbicara tentang piramida, sebagian mungkin akan mengarah ke Mesir. Dalam hal ini, Serbia memiliki sebuah gunung yang bentuknya menyerupai piramida. Namanya adalah Rtanj.

Gunung tersebut berada sekitar 200 km dari Belgrade. Tak hanya bentuknya yang unik, pemandangan di puncaknya juga sangat indah.

4. Memiliki Riwayat Konflik dengan Kosovo


Belakangan, kondisi Serbia dan Kosovo tengah memanas. Melihat sejarahnya, ternyata ini bukan kali pertama mereka bersitegang.

Mengutip Al Jazeera, Kosovo dulunya adalah wilayah berpenduduk mayoritas etnis Albania yang menjadi provinsi di Serbia. Namun, mereka mendeklarasikan kemerdekaan pada 2008.

Serbia jelas menolak klaim kemerdekaan Kosovo. Namun, negara-negara lain telah resmi mengakuinya berdaulat.

Melihat lebih jauh ke belakang, perselisihan antara Serbia-Kosovo ternyata sudah berlangsung cukup lama. Kala itu, mayoritas etnis Albania di Kosovo menganggap Serbia melakukan penindasan dan penjajahan.

Pada akhirnya, pemberontak mulai melancarkan aksinya tahun 1998 untuk membebaskan tanah airnya dari Serbia. Beograd menanggapinya dengan brutal, sehingga memicu intervensi NATO dan terpaksa harus menarik diri.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)