Buronan FBI Diyakini Bersembunyi di Konsulat China

Kamis, 23 Juli 2020 - 23:00 WIB
loading...
Buronan FBI Diyakini Bersembunyi di Konsulat China
Konsulat China di Houston, Texas. Foto/The Daily Wire
A A A
WASHINGTON - Badan investigasi federal (FBI) Amerika Serikat (AS) meyakini jika seorang ilmuwan China yang memiliki hubungan dengan militer Beijing bersembunyi di konsulat China di San Francisco. Itu dilakukannya guna menghindari penangkapan setelah ia dituduh melakukan penipuan visa. Hal itu didasarkan dokumen di Pengadilan Distrik AS di San Francisco.

Pengungkapan itu muncul setelah Washington mengatakan pihaknya memerintahkan Beijing untuk menutup konsulatnya di Houston, Texas, di tengah tuduhan spionase - sebuah langkah yang China berikrar untuk membalas dendam. (Baca: Konsulatnya Diperintahkan Ditutup, China Murka dan Ancam Balas AS )

Menurut data pengadilan, Tang Juan, seorang peneliti biologi di University of California, Davis, diperiksa oleh FBI pada 20 Juni dan didakwa dengan penipuan visa enam hari kemudian. Penyelidik menuduh bahwa dia secara keliru mengklaim dalam permohonan visanya bahwa dia belum pernah bertugas di militer China. Namun, foto-foto dirinya dalam seragam militer China ditemukan dan kemudian dipastikan bahwa ia telah bekerja sebagai peneliti di Universitas Kedokteran Militer Angkatan Udara China (FMMU), menurut data pengadilan. (Baca: "Nyamar" Jadi Periset, Perwira China Didakwa Lakukan Penipuan Visa AS )

"Setelah diinterogasi oleh FBI, Tang melarikan diri ke konsulat San Francisco China, di mana FBI menilai dia menetap," tuding jaksa penuntut AS seperti dilansir dari USA Today, Kamis (23/7/2020).

Dokumen pengadilan itu diterbitkan pada 20 Juli.

Selama wawancara, Tang membantah bertugas di militer China dan mengklaim bahwa mengenakan seragam militer diperlukan untuk hadir di FMMU. Baik konsulat China di San Francisco maupun Tang tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar lebih lanjut. Sedangkan Departemen Luar Negeri AS tidak membalas permintaan komentar.

Pengajuan pengadilan juga menyebutkan dua peneliti China baru-baru ini yang dituduh dicurigai memberikan informasi palsu tentang identitas mereka kepada pihak berwenang untuk tujuan menetap di AS. Para peneliti ini masing-masing bekerja di University of California, San Francisco, dan Duke University. Dokumen pengadilan tidak secara eksplisit menuduh para peneliti China melakukan kejahatan terkait mata-mata.

Namun, dokumen tersebut mengatakan kasus mereka tidak terisolasi dan tampaknya menjadi bagian dari program yang dilakukan oleh (militer China) - dan khususnya, FMMU atau lembaga terkait - untuk mengirim ilmuwan militer ke AS dengan berpura-pura menggunakan identitas palsu atau pernyataan palsu tentang pekerjaan mereka yang sebenarnya. Ada bukti dalam setidaknya satu dari kasus ini seorang ilmuwan militer menyalin atau mencuri informasi dari lembaga-lembaga AS atas arahan atasan militer di China.

Kementerian Luar Negeri China telah berulang kali menolak tuduhan dari pemerintahan Trump bahwa China berusaha mencuri rahasia AS atau menjadi menutupi pandemi Covid-19 , perdagangan atau masalah kontroversial lainnya sebagai fitnah jahat dan bagian dari strategi pemilu Trump untuk mengalihkan perhatian pemilih dari kesalahan tata pemerintahannya sendiri.

Senator Republik Marco Rubio dan pejabat pemerintahan Trump menandai konsulat China di Houston sebagai pusat spionase. Namun, masih belum jelas apa yang memicu keputusan untuk memerintahkan fasilitas itu ditutup dalam waktu 72 jam, mengingat bahwa Washington telah lama menuduh Beijing, dengan alasan, membina jaringan mata-mata di kompleks diplomatik luar negeri dan di tempat lain.(Baca: Washington Perintahkan Konsulat China di Houston Ditutup )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)